Saturday, April 14, 2012

Super Hero Syndrome


Temen-temen masih inget lagu waktu kecil,..
Batman...Engkau idola ku,
Batman... engkau jagoanku....
Atau pernah denger:
Baiklah teman-teman, bersiap!
Saatnya berubah....
Ini yang paling simple,
Zyarkh.....(sambil tangan kanannya ke atas)
Yuph, Ultraman. ini yang unik, karena hampir seluruh keluarga Ultraman migrasi ke bumi (mungkin gak betah di planet Ultra. Sempit.) Bayangin tubuh Ultraman yang  segedhe gedung tujuh lantai.
Kalo yang ini pasti tahu,
Spiderman...
Spiderman..., friendly neighborhood...
Spiderman...
Tentu temen-temen juga tau siapa Gorgom, Noboiko, Rita Repulza (Mighty Morphin), Joker, Two face, Green Goblin, dll. Musuhnya para jagoan diatas (ini ngomongin apa seeh). Pernah mbayangin bumi tanpa jagoan2 diatas?
Ada yang menarik ketika kita mengamati jagoan-jagoan penjaga bumi ini. Menurut banyak pengamat Film, termasuk ane juga (he..he..) Peter Parker dalam Spiderman 2 merupakan tokoh super hero yang paling manusiawi. Di film nya diceritakan kalo peter parker mengalami banyak kegagalan. Dalam hal akademik, financial, persahabatan, dan kisah cintanya dengan Mary Jane. Parahnya lagi orang- orang disekitarnya juga mulai gak respect sama Spidey. Sampai puncaknya pete kehilangan kekuatannya dan ‘ngambeg’ jadi spiderman. Klimakz –nya adalah ketika pete membuang kostum spidey ke tong sampah. Setelah ga ada spidey,angka kejahatan langsung naik drastis.
Sebenarnya semua super hero penjaga bumi pernah mengalami kejadian buruk, bahkan Clark “SUPERMAN” Kent yang dia asli orang Kripton (bukan manusia bumi) pun sama, pernah ngalamin seneng, sedih, gembira, bosen, khawatir, takut, dll. Namun, diakhir cerita seorang super hero pasti bangkit dari keterpurukannya dan berjuang untuk mengalahkan musuh-musuh nya dan menjaga kedamaian di bumi tercinta (klise banget).
Ada satu lagi yang menarik dari mengamati super hero, yaitu penduduk bumi tidak pernah tahu siapa sebenarnya para penjaga bumi itu. Contoh: Penduduk bumi gak pernah tahu kalo Bruce Wyne yang seorang pengusaha kaya raya adalah sosok batman,atau peter parker yang ‘Cuma’ seorang photographer Daily Buggle, sosok lima sekawan power rangers juga gak pernah terungkap identitasnya. Ultramen (jamak), Satria Baja Hitam(s) pun sama.
Kalo diperhatiin mang rata2 jagoan pake topeng semua jadi mudah aja buat nyembunyiin identitasnya, ada lagi jagoan yang gak pake topeng tapi pake sinar flash buat ngilangin short memory orang-orang yang baru ditolongnya.MIB.
Aku coba hubung-hubungin sama kehidupan beragama, mari kita tetap meluruskan niat karena Alloh dan tidak melihat pandangan manusia agar dalam setiap melakukan kebaikan apapun ini terhindar dari sikap ujub, berbangga diri, riya, atau paling sederhananya mengharap imbalan atau pujian dari orang lain.
Tentu kita tidak pernah melihat anggota Man In Black yang sakit hati karena keberadaannya dianggap tidak ada oleh penduduk bumi. Atau pun mendengar Spidey berkata: “woi sampeyan ki wis tak slametke seko Grin Goblin, saiki pijeti aku”. Juga Ultraman yang minta dibopong bareng-bareng sama penduduk bumi gara-gara di telah ngalahin monster, terus penduduk bumi, khususnya Jepang suruh nyapu ngebersihin bongkahan2 dan potongan2 tubuh monster yang baru saja die ledakin (Aduh... pegel man!!)

0 comments:

Post a Comment