Wednesday, December 11, 2013

Pengen Jadi Hulk..????!!!


Hah? Appah??!! Maksudnya jadi yatim piatu, trus kena mutasi gen terus kalo marah bakal jadi monster ijo yang ngancur2 in kota, akhirnya  idup sendiri di hutan gak punya pacar, istri. Terus..,terus..,Oke, skip. 

Barusan nonton lagi semua pilm nya hulk. Emang keren banget kalo nonton super hero yang satu inih. Tapi agak membingungkan juga ni makhluk sebenernya super hero bukan?? Kok kerjaannya malah kayak ngrusakin2 kota gitu yak?!

Emang si ni makhluk raksasa labil banget emosinya, tapi doi juga bisa dianggep sebagai penyelamat bumi dari ancaman yang lebih besar (the Avanger). Jadi awalnya tuh, ada yang namanya bapak DR. David Banner seorang ilmuwan genetik yang kerja di fasilitas angkatan darat Amerika. Tugasnya buat bikin suatu sistem immune buat tentara Amerika supaya mereka cepat pulih ketika terluka dalam suatu pertempuran. 

Waktu doi suruh bikin percobaan ke manusia, mr. David ini nolak, tapi diem2 mr. David bikin percobaan pake tubuhnya sendiri. Dan tanpa disadari DNA mr. David ini mengalami mutasi genetik
dan menurun pada anaknya Bruce ‘The Hulk’ Banner. Percobaan mr. David ini akhirnya ketahuan sama pimpinan angkatan darat Jendral Ross, yang bertanggung jawab atas fasilitas yang digunain mr. David, en finally memutuskan buat menghentikan penelitian dan nutup tuh fasilitas.

Doi yang gak terima sama penutupan fasilitas militer itu akhirnya ngeledakin sendiri tuh fasilitas, termasuk rumahnya sendiri, even mau ngebunuh Bruce yang dikhawatirin bakal jadi monster gedenya. Tapi percobaan pembunuhan itu gagal, malah istrinya alias ibu nya bruce kena tusuk en meninggal #pray for Bruce.

Mr. David akhirnya ditahan en dimasukin ke rumah sakit jiwa, sedangkan Bruce kecil diadopsi sama gereja kalo gak salah. Sampe Bruce gede en jadi researcher teknologi nanomed di University of California. Gak jauh beda ama ayahnya, Bruce Banner jadi ilmuan genetik yang ngembangin teknologi nanomed. Apaan nih?!!, gak tau.. pokoknya pake sinar gama gitu deh.

 En unfortunately, Bruce kerja bareng sama Betty Ross yang gak lain adalah anak perempuan dari Jendral Ross pimpinan militer yang dulu kerja bareng sama David Banner a.k.a. Bruce’s father. Info aje nih, jendral Ross tu sebenernya sayang banget sama Betty- Sampe suatu saat waktu lagi percobaan tes sinar gamma terjadi kecelakaan. Iya..iya.. ini klassic bgt.

En ledakan sinar gamma ini memicu monster Hulk yang lama tidur dalem tubuh Bruce, En semenjak itu tiap kali Bruce ngalamin perasaan yang gak enak (random banget perasaan gak enak): marah, stress, sedih, doi bakal berubah jadi Hulk, monster humanoid warna ijo.

Character Hulk emang diciptain unik sebagai orang yang memiliki alter ego hasrat dan emosional yang bisa (sampe) ngerubah fisik seorang Dr. Bruce Banner jadi sosok Hulk.  Sebagai Hulk, Banner sanggup punya kekuatan tingkat dewa, sejalan dengan tingkat kemarahan doi, makin marah makin kuat. Asyik ya.. Emosi yang kuat seperti kemarahan, teror dan kesedihan juga bisa jadi pemicu perubahan fisik Banner menjadi Hulk.

Yang sering aku bingung sama jagoan ini adalah apa si Hulk beneran merupakan alter ego dari Bruce apa bukan ?? kalo dipikir2 sih bisa jadi. Dari beberapa referensi yang aku baca tentang kepribadian ganda, disasosi ato alter ego, semuanya masukin trauma masa kecil sebage salah satu penyebab utama munculnya alter ego. Nah, kalo diliat kan emang Bruce kecil #tsaaah pernah ngalamin kek semacam trauma2 gitu waktu kecil. Orang tua yang gak harmonis; liat mereka brantem terus nya doi ngrasa sendiri, mainan sama dinosaurus kalo gak salah inget.

Nah, udah gitu ditambah pula sama eksperimen si ayah yang nurunin mutasi gen ke Bruce, jadilah doi punya alter ego sebagai makhluk humanoid raksasa warna ijo. Eh, bukannya kalo alter ego tuh gak punya memory kalo pas doi beralih ke wujud asli. Caaeelaaa, wujud asli. Wujud Bruce banner gitu maksudnyah. Nah itu die yang bikin bingung juga. Kalo si Hulk ni keliatannya mang kalo lagi marah2 banget kayaknya sampe gak sadar deh kalo doi tuh sampe ancur2 in tank en helycopter segala macem.

Tapi beda lagi pas di incredible hulk, pas doi lagi dikejar sama militer di kampus. Di sana ada juga mbak Ross, orang yang dicintai sama Bruce. Waktu liat Ross dalam posisi bahaya doi langsung coba buat nglindungin Ross walopon dalam kondisi hulk on, ato juga pas final batle hulk ijo versus hulk merah, posisi Bruce waktu itu dah di netralisir sama mister Blue, lupa namanya dokter sapa. Kalo pengen ngerti coba tonton aja deh. Habis dinetralin tuh, Sekompi pasukan elite militer malah nyerbu rumah mister Blue, tempat Bruce yang udah dinetralin, terus Bruce malah ditangkep. Doi nurut aja waktu ditangkep, kan udah gak bisa jadi hulk. 

Malah selanjutnya Blonsky, orang yang mimpin tuh pasukan elite yang terobsesi sama kekuatan hulk minta sama mister Blue buat ngubah dirinya jadi kayak hulk. En jadilah Blonsky berubah jadi hulk merah. Jendral Ross tau nih ada yang gak beres, si Blonsky ak.a. Hulk merah lagi ngaco di kota en minta hulk ijo supaya brantem ama doi buat ngebuktiin sape yang paling kuat.  Bruce yang waktu itu udah dinaikin ke hely jadi bingung nih, die kan udah gak bisa berubah jadi hulk, tapi keselamatan kota terancam nih, akhirnya doi mutusin buat ngadepin blonsky dan terjun dari hely. En ini epik banget man, waktu Bruce sampe tanah tiba2 aja gitu doi dah berubah jadi hulk.

Scene ini ngebuktiin juga kalo Bruce banner udah bisa ngendaliin si monster ijo. Brarti istilah kepribadian ganda masih debatable buat hulk. Intinya kalo Bruce Banner bisa ngendaliin sifat marah en emosinya , doi bakal bisa ngendaliin tuh makhluk humanoid ijo yang ada di tubuhnya.

Emang sih kekuatan marah en emosi tuh besar banget sebenernya, coba deh liat pilm nya Son goku. Die kan bisa berubah jadi manusia saiya pertamanya karena marah, perasaan emosi waktu si Kurilin di ledakin sama Freza. Doi gak terima dan dari dalam tubuhnya muncul ledakan emosi yang bikin doi bisa berubah jadi manusia saiya.

Energi marah en emosi maksa jantung buat mompa darah jadi cepet, kuat en mengejutkan. Makanya kalo orang yang lemah jantung tuh wajib ngehindarin marah en kudu waspada, soalnya tiba2 aja gitu kerja jantung jadi super berat karena mompa darah cepet banget. Posisi kek gini istilahnya ledakan amarah ato inggrisnya rage of anger.

Nah disini, yang penting lagi adalah gimana cara ngendaliin amarah itu. Kayak Goku tuh, doi tinggal tereak ‘Arrrrggghhh....!!!’ udah jadi manusia super saiya, itu artinya doi udah bisa ngendaliin ledakan amarahnya, buat ngebantuin manusia dari serangan monster jahat en menjaga keselamatan bumi.

Okelah ente pengen jadi hulk, tapi yaa kudu bisa ngendaliin tuh energi super dahsyat, jadi keinget kata2nya uncle Ben: Great power comes with great responsibility #tsaah... Bahasa Indonesianyah: kekuatan yang besar dateng seiring dengan tanggung jawab yang besar pula.

Seperti yang udah aku bilangin kalo marah tu bisa jadi positip banget kalo kita bisa ngendaliinnya. Energi marah yang segitu gedenya bisa diarahin buat hal2 yang berguna. Kayak umpamanya mbantuin ortu ngangkatin jemuran, buang sampah ato yang lain bikin pe er misalnya. Kalo ente lagi marah, dibawa nulis juga bisa jadi sarana ngerelease emosi. Aku jamin tulisan ente bakal lebih krasa emosinya.  

Pokoknya kalo ente nrasa marah, jengkel coba deh lakuin hal2 positip, hal2 kreatip yang berguna. Yang namanya marah kan energi yak?! Jadi ya kudu disalurin, kalo ente malah nyalurinnya ke hal2 negatip ya ntar jadinya malah ngancur2 in kota noh kaya mister Hulk.


Itu adjahhh
 
   

0 comments:

Post a Comment