Saturday, January 4, 2014

tahun baruan juga..??


Assalammualaikum wa rohmatulloh.....


Note pertama tahun 2014, asseegg. Ngomongin tahun baru, biar udah lewat kemarin ya gapapa. Perayaan malem Tahun Baru di berbagai belahan dunia biasanya ditandai sama  liat kembang api, niup terompet ato nonton konser musik, Hayooo.. malem taun baru kemaren pada kemana...??? Ape??? Gak kemane-mane..??. Sama..


Mau ke Kota, jalanan pada macet. Mau ke Mall, mall nya tutup lebih awal. Mau tidur, masih kesorean. Mau main ke rumah temen, eehh, pada tahun baru-an. Pada ke kota, aku telpon katanya lagi pada kena macet, pasti tadi pada mampir ke mall dulu kayaknya. Lah diriku?? Akhirnya aku bikin kopi, nyalain komputer, sambungin internet, terakhir siapin snack.Surgabangeeet..ttt.

            Kalo diluaran kayaknya orang2  pada turun ke jalan. Turun ke jalaann... ato lapangan luas untuk menyaksikan berbagai pertunjukan yang digelar di malam Tahun Baru. Kemaren simpang lima udah penuh banget sama orang2 baik dari semarang sendiri ato dari daerah2 lain sekitar Semarang (ini aku baca di suara merdeka kemarin kamis). Kalo aku, sekitar jam setengah dua belasan udah stand by di atap rumah n dari kejauhan kembang api muncul satu2.


Walopun gak se-gede yang ada di pusat2 hiburan tapi ya cukup menghibur lah. Tapi ternyata di malam tahun baru nggak hanya dirayain dengan masang kembang api ato niup terompet di kota2 di Indonesia aja lo..!!, even di luar negri, yang ada di bumi aja. Tapi juga dirayain di planet lain, baru tau kan.....!!!.Sama. Cuma mereka ngrayain dengan cara yang beda. Local Act-lah kita nyebutnya.


Yang bakal aku critain di sini adalah special report edisi tahun baru. Walopun juga udah lewat kemarin siii.. Nih aku ada cerita tentang tradisi2 unik yang ada di planet2 lain dalam menyambut tahun yang baru.. Tapi pertama-tama aku mau ngucapin
makasih dulu buat temen2 aku, koresponden dari planet2 lain di semesta ini. Makasi buat Jarden dari Planet Namek, Sal En dari Krypton, Zero dari planet Ultra dan terakhir Kugy dari Neptune (kalo yang ini pasti udah pada tau, dia pernah maen pilm di bumi, judul nya...., ah, sudahlah). Mereka, di planetnya masing2 melakukan tradisi2 unik dalam menyambut tahun baru di planetnya masing2, atas dasar kepercayaan yang sudah diajarkan secara turun menurun. Tsaahh...ya jelas lah kalo turun ya menurun.. Masak mau turun tapi menaik...hhghhhh..... (sigh..), Cekidot...


1.      Planet Namek

Temen2 yang penggemar film Dragon Ball pasti dah akrab banget ama ni Planet. Planet Asal Dewa yang gak lain juga planet asal Pikollo, dan yang mengejutkan planet ini tu nyata, bener2 ada di alam semesta Appah!!!. Planet Namek tu ada..!!! Nyata!!! Are you kidding?? (zooomm in.. zoomm out.. zoom in.. zoom out). Iya, walopun gambarannya gak se-ekstrim yang di pilem Dragon Ball. Penduduk Planet Namek ini memang punya semacam antena di kepala mereka yang berfungsi buat telepati. Tentang penduduk planet Namek kayak gimana entar deh, aku critain lagi. Yang lagi pengin aku critain tu tentang acara tahun baru di tempat mereka, di planet Namek.


Kata Jarden, temenku yang dari Namek itu, ternyata Dragon Ball alias bola naga tu aslinya ada 49  bola totalnya. Yang artinya, ada 7 dewa naga di alam semesta ini. Tau kenapa di bumi ada Dragon Ball??? Itu karena ada Dewa n Pikollo di Bumi. Kalo temen2 ingat, waktu sehabis frezer ngancurin planet Namek, (itu Cuma sekenario akira toriyama aja, buat nambah unsur dramatis, sampe saat ini planet Namek masih baik2 aja) warga Namek dipindah ke bumi dengan kekuatan Shen long, dewa naga planet bumi. Dengan pindahnya warga planet Namek maka saat itu di bumi ada dua dewa naga. Kalo di bumi dewa naga disebut Shen Long, kalo di planet asalnya, Namek Dipanggil Porunga. Yang lainnya?? Tersebar di jagat raya ini.


Nah, kembali ngomongin tentang perayaan tahun baru di Namek, itu dirayain dengan ngumpulin bola naga, en manggil Porunga. Jadi mereka kumpul di tempat Tetua Namek, dan bareng2 manggil Porunga, buat ngajuin permohonan, dan yang diperbolehkan untuk mengajukan permohonan adalah Cuma Tetua aja, yang dianggap paling bijaksana dan sekaligus pemimpin tertinggi bangsa Namekian. 


Kalo ada yang nanya kenapa di dunia ini ada Dragon Ball dan baru bisa diaktifkan setelah satu tahun???
Aku kasih tau, tujuan adanya Dragon Ball sebenarnya adalah untuk mengabulkan permintaan dari orang yang paling bijaksana, dan alasan yang sama juga njelasin kenapa baru aktif minimal setahun sekali. Karena di planet asalnya Dragon Ball memang dibuat sebagai salah satu ritual pergantian tahun di planet Namek. FYI, satu tahun di planet Namek, sama dengan 130 hari di planet bumi. Itu juga yang jadi jawaban tentang adanya semacam tradisi make a wish di bumi tiap tahun baru adalah harapan baru. Itu semua karena adanya influence dari orang2 di planet Namek, pengaruh dari adanya dragon ball....

2.      Krypton

Krypton, eh salah Crypton yang seperti kalian ketahui merupakan planet asal dari Man of Steel alias Superman. Dan temen ku  Sal En juga berasal dari tempat yang sama. Dan lagi2 cerita di tipi2 yang bilang kalo planet Crypton itu dah musnah karena ketidak seimbangan inti material nya itu bohong belaka. Itu Cuma buat menambah unsur dramatis aja baik dipilm, serial kartun  ato pun di serial tipinya, kayak smallville. Planet Crypton masih baik2 aja kok sampe saat ini. Cuma, emang jauh banget letaknya. 


Planet Crypton yang sebenarnya terletak pada jarak  27,1 juta tahun cahaya dari bumi, tepatnya di selatan konstelasi Corvus (The Crow), Planet Crypton mengorbit pada bintang katai merah LHS 2520. Bintang ini lebih dingin dan lebih kecil dari matahari yang dikitari Bumi. Keadaan asli di Planet Crypton mirip2 sama kayak keadaan di kutub lah kalo di bumi. La terus ngapain Clark Kent ke bumi kalo gitu?? Alasan sebenarnya adalah for fulfilling his fate (apaan sih, sotoy banget..). Lo iya, buat memenuhin takdirnya itu jawaban terbaik. Coba kalo doi gak ke bumi, Clark Kent ga bakal ketemu Louis Lane. Gak bakal punya Jason White. the son of Superman, ato gak bakal juga ketemu ama musuh bebuyutannya Lex Luthor or komander Zod en pastinya gak akan ada kisah Si Manusia Baja, Superman.


Oke..???


Ya, lanjut deh. Aku kan sebenernya mau ceritain tentang tradisi tahun baru di tempat asal si manusia super ini. Kalo kata Sal En, di Crypton juga ada tradisi bwt pergantian tahun. Kalo di Crypton, pergantian tahun ditandai dengan diadakannya semacam pertandingan sepak bola (kayak World Cup gitu...) tapi di udara (baca: terbang). Mirip2 kayak main Quidditch di pilem Harry Potter tapi tanpa sapu. Dan menggunakan bola khusus yang ukurannya juga hampir sama kaya bola sepak yang ada di bumi, tapi kata Sal En mang lebih berat aja bobotnya. Cara bermainnya juga mirip banget kayak main sepak bola, beregu dan tujuannya masukin bola ke semacam gawang yang terbuat dari semacam jaring berbentuk bulat. Untuk kostum, nggak seribet kayak Superman pake jubah lengkap, ada sayapnya berkibar-kibar terus main bola, tapi memakai kostum kayak pakaian atlet renang di bumi yang aero dinamis sehingga para pemainnya juga leluasa bergerak dan mengurangi gesekan dengan udara ketika lagi dalam kecepatan tinggi.


Nah pertandingan Finalnya diadain sehari sebelum pergantian tahun, en nantinya pas pergantian tahun adalah saat malam puncak peng-anugerah-an juara nya. Tsah....(repot bangget bacanya). FYI, si Sal En ini adalah salah satu pemain dari regu yang menang tahun ini. Hurrayy... Hurrayy....


Oke, itu kabar dari planetnya Bang Superman. Tahun baru berarti juara baru.


3.      Planet Ultra

Pertama aku mau critain sedikit bout karakteristik planet Ultra. Karakteristik. Kata dasar Karakter. Termasuk kata benda, yang artinya sifat; watak; tabiat. Di tambah imbuhan –istik, berubah menjadi kata sifat artinya mempunyai sifat khas sesuai dengan perwatakan tertentu.  Cailee... yang baru buka kamus besar bahasa Indonesia. 


Kembali ke lap...top. Planet Ultra ini, terletak di gugusan Nebula M 78, berjarak sekitar tiga juta tahun cahaya dari bumi. Kalo planet yang ini sebenernya sama aja kaya planet para raksasa cahaya. Wujudnya juga Cuma kaya cahaya aja, gak pake wujud fisik. Jadi gak kedeteksi pake alat apapun. O iya, di Planet Ultra juga ada matahari yang disebut Plasma Spark. Uniknya, matahari ini adalah matahari buatan yang diciptakan oleh nenek moyang ultraman yang disebut Ultra Elder. Yaa mirip2 lah sama The All Spark nya transformer ato Tesseract nya the Avanger, yang jadi sumber kekuatannya. Terus lagi, kalo bagi manusia bumi yang punya wujud fisik, planet ini gak pernah ada. Gak pernah eksis. Eksisnya entar, kalo di planet Ultra udah ada fesbuk en twitter kali yaaa...  


Nah, timbul pertanyaan: terus yang kalo nglawan monster di bumi tu apaan dong?? Aku kasih tau rahasia kecil, bagi para warga planet Ultra ini, bakal punya wujud fisik itu kalo doi ketemu inang (baca: buku biologi deh, penjelasannya lupa: yang ditumpangi gitu, apaan si...) yang mempunyai wujud fisik. Tapi kalo doi beraksi tetep yang muncul adalah wujud dan kekuatan manusia ultra a.k.a. manusia cahaya ( bingung kan??? Apalagi aku..), mungkin selama ini kita kira ultraman Cuma di bumi aja??? Itu keliru banget. Nih aku kasih tau rahasia yang agak gedean, ultraman itu bisa ada dimana aja di seluruh alam semesta yang ada penduduknya yang punya wujud fisik. Yakin, yang punya wujud fisik Cuma orang bumi aja??


Cukup itu sekilas info tentang planet ultra en para penghuninya. Sekarang saatnya berubah..!!! Zyaargh.....


Eh, jangan salah yang berubah tuh si Zero. Ato kalo pas di bumi dia nempel, Jiiaahh.. nempel. Kayak upil aja nempel.. Ehhh, nggak. Sori. Sori. Di bumi Zero bernama Tetsuya. Ini juga jadi pertanyaan aku sampe saat ini. Kenapa Ultraman dari dulu, dari jaman Ultramen Taro, Seven, Eighty, Tiga, Dyna, Gaia, Nexus, Mebius, sampe yang sekarang masih di tipi, Ultraman Max, itu semua kok turunnya di Jepang..???? sehingga nama bumi nya pun orang2 jepang semua. Next, coba deh ntar aku tanyain ke Tetsuya. HHYaaahhh... Ni lagi Jepang lagi. * tepok pramuka


Fokus, fokus..!!!


Oke, Oke, Oke aku bakalan fokus se fokus fokusnya. Tahun baru di Planet Ultra. Iya, Iya. Tahun baru. Planet Ultra.


Di planet asal Ultraman Leo ini, pergantian tahun nya bisa dibilang biasa aja. Gak rame2 amat. Mungkin tetep ada acara kayak kembang api gitu, tapi ya gak gede en cukup buat rame2 di keluarga sendiri aja. Mungkin kalo di bumi gambarannya kayak acara kumpul keluarga, terus pas mau pergantian semua anggota keluarga pada ke teras ato halaman rumah terus nyalain kembang api. Mbayangin kembang api nya Ultraman mungkin kayak semacam Bom nuklirnya manusia bumi. Gak ada acara konser2 di lapangan tertentu, atau kayak ada special live performance trus pada nyanyi en joget bareng2. 


Kalo menurut critanya Zero sih, orang2 di planet Ulta, eh nyebutnya apaan ya?? di sanakan gak ada orang. Ya udah pake istilah penghuni aja. Penghuni artinya orang yang menghuni. Kata dasar huni, artinya.... yah, mulai lagi. Ok, cukup. Lanjut.  Para penghuni Planet ultra lebih memilih melewatkan malam tahun baru dengan keluarganya. Secara, ultraman itu terkenal dengan rasa persaudaraan dan kekeluargaan. Aku ulangin: ultraman itu terkenal 


dengan rasa persaudaraan dan kekeluargaan yang sangat tinggi, buktinya ketika ada salah satu ultraman yang butuh bantuan, tanpa segan2 para anggota keluarganya yang lain pada ikut dateng buat ngebantuin. 


Aku curiga nih kalo tujuan sebenarnya dari ultraman adalah untuk menguasai dan mengambil alih  planet bumi karena planet Ultra yang asli udah terlalu penuh dan sempit (bayangin ultraman yang tingginya kayak gedung tujuh lantai), lalu menjajah dan memperbudak manusia bumi. Kayak pas Indonesia dikuasain Belanda. Trus dateng Jepang yang ngakunya saudara tua, dateng buat mbantu ngusir Belanda. Eehh.. ujung2 nya ikutan menjajah juga. 3,5 tahun. Hadeeeuuuhhh cape deh..


Inget, fokus, fokus.....


Oke deh, jadi gitu. Ga ada perayaan khusus buat tahun baru di planet Ultra. Keluarga Ultraman lebih senang untuk menghabiskan malam tahun baru dengan berkumpul bersama keluarganya. Ato, kata Zero, pas malem tahun baru di sana, ada ultraman yang mudik (baca: balik ke planet asal). Nah kalo yang kayak gitu ya acaranya tetep kumpul keluarga, Cuma diisi dengan saling bertukar cerita. 


Kayak pas malem tahun baru kemarin ada ultraman Jack (kalo sama ultraman2 lain pada manggil nya pakde Jack, soalnya termasuk ultraman yang senior) yang lagi balik. Pakde Jack ini cerita tentang pertarungannya di bumi dengan monster kembar bersaudara Red Gillas en Black gillas. Doi udah mau kalah sampai energy core nya udah kedip2. Tau kan2, kalo ultraman rata2 Cuma mampu bertahan tiga menit di bumi. Sampe akhirnya semangat bertarung pakde Jack kembali lagi berkat melihat harapan pada manusia bumi yang terus membara sampai titik darah penghabisan. Tsah...... Klasik banget. Dan Ultraman Jack berhasil meledakan mereka dengan senjata pamungkasnya, Spcium Ray (sinar laser yang muncul ketika ultraman menyilangkan tangannya secara vertikal). Taukan2... Dan bumi sekali lagi terselamatkan berkat bantuan ultraman..


Betewe, Aku jadi penasaran, jangan2 pilem keluarga cemara mungkin pernah di puter di planet Ultra. #Now Playing: “Harta yang paling berharga adalah keluarga; Mutiara tiada tara adalah.... keluarga....”

4.      Neptune


Seperti yang udah pernah ku bilang kalo ada salah satu orang (baca: makhluk) Neptunus yang pernah main pilem di bumi Indonesia, namanya Kugy. Kenal kan?? kan??? Yang pertama, aku mau kasih tau kalo nama Kugy tu adalah nama asli dari “orang2 Neptunus”, bagi orang bumi tentu agak asing dengan nama Kugy. Nama2 lain ada kayak Arby, Dandy, Nubby, en masih banyak lagi yang lainnya. Pokoknya namanya mirip2 gitu lah.


Kata Kugy di planet asalnya, suhunya dingin banget bisa mencapai (-237,6 ° C) yang merupakan suhu terdingin di Neptunus bahkan dalam sistemTata Surya. Berpengaruh sama pakaian yang mereka pake juga, orang2 disini (di Neptunus maksudnyah) make baju khusus mirip kayak baju astronot, pernah nonton pidio pendaratannya Neil Amstrong, dkk ? yang katanya bo’ongan, padahal itu dibikin di Nevada?? Apa?? Belum.., coba cari aja.  Iya, kayak gitu2 bajunya tapi kalo yang paling mendekati mirip kayak baju yang dipake alien yang nyerang bumi di pilem Batleship. Iya, iya... kaya gitu. 

Di baju itu dipasangin semacam alat yang bisa ngluarin suhu lebih hangat dari lingkungan sekitarnya.  Dan satu lagi, warga Neptunus biasa tinggal di dalam rumah dengan jarak yang cukup berjauhan, namun mereka tetap bisa berkomunikasi dengan baik. Udah ada hape?? Internet??? Bukan2, mereka pake telepati. Iya telepati. Telepati lewat kedua antena dikepala mereka. Jadi warga di Neptunus juga punya antena dikepala kayak bangsa Namek gitu. Makanya waktu maen pilem di Bumi kan ada tuh adegan kayak membentuk semacam simbol antena pake tangan. Itu ditempat asalnya, neptunus, Kugy juga punya antena, asli.


Buat tahun baruannya gimana nih ??? Nih, si Kugy cerita kalo sebenernya di Neptunus tu ngrayain tahun baru itu tiap 165 tahun sekali. Itu adalah waktu yang dibutuhin Neptunus buat sekali rotasi keliling matahari. Dan kadang nih, karena saking jauhnya jarak tempuh yang dibutuhkan, maka Neptunus mengorbit lebih jauh dari Pluto. Nah terus gimana dong...??? musti nungguin 165 tahun dulu supaya bisa ngerayain tahun baru?!!! Keburu tua dong.


Eeh bentar dulu, emang gitu kenyataannya. Di Neptunus  kudu nungguin 165 tahun waktu bumi buat 1 tahunnya Neptunus. Ini beda banget ama di planet Namek yang justru 1 tahunnya Cuma sepertiga waktu bumi, sekitar 130 hari. Brarti kalo di planet Neptunus 1 tahun, udah berapa tahun baru yang terjadi di planet namek??? Jawabannya yaitu 165 x365:130 sama dengan 463 kali tahun baru. Wuaa...hhh bakalan cepet tua kalo tinggal di Planet Namek.


Dengan perputaran waktu yang sangat lama ini otomatis usia orang2 Neptunus juga jadi muda banget. Di sana bisa mencapai usia 20 tahun itu bisa dibilang udah tua banget, tapi di bumi bakal beda urusannya.


Karena saking lamanya muterin orbit, jadinya  diadain lah perayaan tiap setengah tahun sekali, sekitar tiap 83 tahun sekali, yaitu saat Triton, satelit alam Neptunus berjarak paling dekat sama Neptunus. Buat Kugy sendiri katanya juga baru 3 kali ikutan perayaan itu, coba tebakan berapa umur Kugy sekarang???


Buat perayaannya sendiri dilakuin bukan di Neptunusnya, tapi diadain di Triton, itu juga gak semua penghuni Neptunus bisa ke Triton, Cuma mereka yang istilahnya cukup berada dan punya cukup uang yang bisa ke sana. Soalnya tiket pesawat ke Triton juga gak murah. Dan puncaknya, makhluk planet Neptunus (kalo inget maudy ayunda, rasanya nyebut kata makhluk kok kerasa aneh ya??? Gak tega. Malah inget monster berlendir di pilem Alien) akan nungguin munculnya Great Red Spot (apaan nih?? Susah bener..) di Jupiter. Ini adalah daerah tekanan atmosfer tinggi yang maksain awan gas metana tinggi ke atmosfer muncul seperti cirrus (whispy) awan yang indah banget. Namun, akan segera menghilang, kalo kata Kugy paling Cuma 5 menitan waktu bumi. Apah!!!! Nungguin 83 tahun Cuma buat liat Great Red Spot yang cuman 5 menit, ooh Gosh!!. Eeh, ini sama juga kayak di bumi, orang2 rela nungguin 365 hari cuman buat liat kembang api yang gak lebih dari 10 menit,..oooohh Gosh juga. Habis itu mereka akan kembali ke Neptunus dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat2


Oke, tahun baru mau dimanapun teman2 merayakannya, even di planet lain. Berada di antara Orang2 yang kita sayangi kayak keluarga dan sahabat mang paling enak kayaknya


They walk among us, (buka kamus) artinya mereka ada di sekitar kita.
# Now Playing: Endang Soekamti, selamat tahun baru.





2 comments:

Reza Chandra said...

Assalam alaikum mas aqil
kunjungi ini
http://sogenpasukanrahasia.blogspot.com/

Yoginanta Djibran said...

sangar,, baru liat blog mu, qil.
Seger liatnya..

Post a Comment