Saturday, April 14, 2012

MKU Bahasa Indonesia

Tulisan ini ane buat pas lagi males banget ikutan mata kuliah Bahasa Indonesia, soalnye tempatnye Jauu..hhhh buanget dari kos-an.

Kepada Yang Kami Hormati: MKU Bahasa Indonesia
                                                  Di Indonesia
            :_Puisi di pintu sekolah yang digusur gara-gara surat tanah
           
            Dear friend,                                        
            Ada yang ingin ku sampaikan
            Sepucuk surat yang ku tulis dengan pensil kayu
            Kayunya ku ambil dari sebatang pohon
            Di depan sekolah
            Yang digusur gara-gara surat tanah
            Kalah di pengadilan hakim pongah
           
            Suratnya ku kirim dengan perangko tiga ribu rupiah
            Bergambar rumah adat Jawa Tengah
            Di depan rumah
Ada aku yang menggambar awan merah
            Tapi pensilku warna hitam
           
            Aku ingin membeli pensil warna merah
            Di toko Sinar Harapan sebelah rumah
           
            Suratnya kuberikan pada pak pos
            Yang dulu seorang guru bahasa
            Di sekolah
            Yang digusur gara-gara surat tanah
            Kalah di pengadilan hakim pongah

            Aku senang belajar bahasa
            Lewat udara merasai makna

            Tapi kata peramal, beda
            Sekarang,udara Indonesia berasa Amerika
            Kata peramal, bahasa adalah budaya bangsa
            Mulailah mendengar dan melihat

            Sedang aku belajar di kelas Amerika, bagaimana??
            Bahasa Amerika budaya Amerika, tapi aku Indonesia
            Satu-satunya kata yang masih ku ingat, yang dulu pernah diajarkan
            Oleh pak pos yang dulu seorang guru bahasa
            Di sekolah 

            Yang digusur gara-gara surat tanah
            Kalah di pengadilan hakim pongah

            Tehrlimahkas hih….
             (baca:Terimakasih)
 
Pak pos, ku tunggu surat balasannya

Pak pos belum jauh,dia kembali
Berteriak pak pos dari jauh

“Hei nak !! Hendak kemana surat ini dikirim?”
“Belum Kau tulis alamat suratnya”

Oh,ya aku lupa!!
Kepada siapa ya?? Pak presiden?
Jangan ah?!!...

Sudah hampir jam tujuh pagi
Aku belum sarapan juga mandi
Karena ekstasi menulis puisi

Aku harus pergi
Mengikuti MKU Bahasa Indonesia
               Di tempat yang jauh sekali

           

0 comments:

Post a Comment