Wednesday, April 18, 2012

Sejarah Serial Kamen Rider


Aku Suka super Hero,salah satunya yaitu Satria Baja Hitam atau Kamen Rider. Buat temen2 yang juga suka ma ni jagoan, simak sejarah (#kesannya serius kaya pas nyimak sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia gitu) Kamen Rider dibawah ini. (berasa kaya jaman SD, isilah titik2 dibawah ini.)
Cekedot!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Serial Kamen Rider yang diproduksi oleh Toru Hirayama dan dirancang oleh Shotaro Ishinomori, diluncurkan perdana pada tanggal 3 April 1971. Ni jagoan udah ada dari semenjak aku belum lahir, desain awal untuk superhero ini awalnya mengambil bentuk menyerupai manusia tengkorak, namun Ishinomori dan Hirayama melakukan desain ulang dan akhirnya memilih desain manusia belalang untuk penggambaran tokoh utama serial ini.
Serial ini diawali oleh Takeshi Hongo (diperankan oleh Hiroshi Fujioka), yang tubuhnya dioperasi menjadi cyborg oleh sebuah organisai kejahatan bernama shocker untuk membantu upaya mereka memenuhi ambisinya menguasai Jepang. Namun sebelum tahap terakhir operasi yang akan menghapus semua memori Hongo, sang pahlawan berhasil melarikan diri dan selanjutnya berjuang heroik sebagai Kamen Rider Ichigo menentang shocker.
Dalam pembuatan film episode 10, Fujioka mengalami kecelakaan dan mengalami cedera berat pada kedua kakinya. Kemunculan Kamen Rider kedua pun diperkenalkan mulai episode 13 untuk melanjutkan storyline dalam menghadapi shocker. Adalah Hayato Ichimonji (diperankan oleh Takeshi Sasaki) yang dapat berubah sebagai Kamen Rider Nigo. Fujioka dan karakter Hongo-nya kembali di episode 53. Kedua Kamen Rider ini selalu mengisi setiap pertunjukan pada paruh pertama Showa Kamen Rider Series dari April 1971 sampai dengan Januari 1976 (Kamen Rider, V3, X, Amazon, Stronger), dimana setiap seri baru mengambil alur sebagai kelanjutan seri sebelumnya dengan penampilan karakter Tobei Tachibana sebagai mentor yang membantu para Rider dalam menghadapi musuh-musuhnya.
Setelah episode final Kamen Rider Stronger, produksi mengambil jeda sepanjang 4 tahun dan kembali ke siaran televisi pada bulan Oktober 1979 selama dua tahun dengan menampilkan Skyrider dan Kamen Rider Super-1. Untuk menyajikan suasana berbeda, karakter Tachibana digantikan oleh karakter serupa bernama Genjiro Tani.
Siaran tahunan sempat dihentikan di tahun 1980-an. Dan sebagai resume penayangan serial Kamen Rider terdahulu, disajikan sebuah tayangan TV Special Kamen Rider ZX, Birth of The 10th ! Kamen Rider All Together ! pada tahun 1984.
Pada tahun 1987, Kamen Rider Black hadir di TV dan merupakan seri pertama yang tidak menunjukkan adanya hubungan dengan seri pendahulunya. Kamen Rider Black juga merupakan pertunjukan pertama di waralaba untuk fitur sekuel langsung,yaitu Kamen Rider Black RX (1988) yang mana pada episode finalnya menunjukkan kembali sepuluh Rider sebelumnya untuk membantu RX mengalahkan Crisis Emperor. Kamen Rider Black RX adalah acara terakhir yang akan dihasilkan pada periode Showa.
Sepanjang tahun 1990-an, Seri Kamen Rider benar-benar absen dalam penayangan mereka di TV, namun tetap eksis dalam pertunjukan panggung, CD musik, dan film-film layar lebar Shin, ZO, dan J, meskipun banyak fans mengklasifikasikan film sebagai bagian dari seri Showa.
Selanjutnya, tahun 2000 Kamen Rider Kuuga ditayangkan dan dianggap sebagai kelahiran kembali Seri Kamen Rider. Kuuga diikuti oleh Kamen Rider Agito (2001), yang memulai konsep di seluruh Seri Heisei dengan memunculkan beberapa Kamen Rider (Agito, Gills, G3, dan Another Agito). Serial Agito diikuti oleh Kamen Rider Ryuki (2002), Kamen Rider Faiz (2003), Kamen Rider Blade (2004), Kamen Rider Hibiki (2005), kemudian Kamen Rider Kabuto di tahun 2006.
Juga pada 2005, Kamen Rider The First hadir di layar lebar. Ditulis oleh Toshiki Inoue. Dalam versi movie ini karakter-karakter dari seri asli memiliki alur cerita mereka dalam penyesuaian durasi film. Masaya Kikawada memerankan Hongo Takeshi / Kamen Rider Ichigo sedangkan Hayato Ichimonji / Kamen Rider Nigo diperankan oleh Hassei Takano. Kemudian pada tahun 2007 hadir pula Kamen Rider The Next, sebuah adaptasi dari Kamen Rider V3, dibintangi Kato Kazuki yang memerankan Kazami Shiro / Kamen Rider V3 yang tetap menampilkan Kikawada dan Takano mengulangi peran mereka.
Pada tahun 2007, dihadirkan Kamen Rider Den-O, seri kedelapan, Seri ini menggunakan kendaraan besar, DenLiner, sebuah kereta peluru yang dapat melakukan perjalanan lintas waktu. Seri ini hanya memiliki dua Riders, Den-O dan Zeronos, tetapi mereka dapat bertransformasi dalam multiform, mirip dengan Black RX, Kuuga, dan Agito.
Begitu besarnya popularitas Den-O, sebuah produksi teater kedua, kembali dihadirkan bersamaan dengan Kamen Rider Kiva yang tayang di tahun 2008. Tidak berhenti di situ saja, Saraba Kamen Rider Den-O: Final Countdown dihadirkan untuk memenuhi demand para penggemar Riders.
Memasuki tahun ke-10 Periode Heisei (2009) diluncurkan Kamen Rider Decade yang bisa dibilang serial “pamer kostum” rider-rider di periode Heisei. Pada tahun yang sama juga adalah film keempat untuk Den-O kemudian diturunkan menjadi awal Seri Cho-Den-O film. dimulai dengan film Kamen Rider Cho Den-O & Dekade Neo Generations: The Onigashima Battleship, dan masih terus lanjut.
Kamen Rider buat aku kaya jagoan sepanjang masa, dari jaman aku masih di awang-awang, lanjut ke SD sampe sekarang masi ada terus. Masih banyak jagoan 2 sepanjang masa yang tak lekang oleh waktu, misal kaya: Power Rangers and Ultraman. Lain waktu aku juga mau cerita tentang sejarah jagoan yang lain, InsyaAlloh. Udahan dulu.

Berbagai sumber plus imajinasi

0 comments:

Post a Comment