Saturday, September 15, 2012

UJIAN CHUNNIN: DIMULAI



Assalammualaikum Wa Rohmatullohi Wa Barokatuh.....
Halo..halo..halo Zul iz in d HOz yooo....
Ini dia second day aku di JKT, minggu lalu. Bentar, coba perhatiin deh kalimat berikut: Ini semua adalah pengalaman aku, sama; Ini semua adalah pengalaman gue, asyik ya.., asyik ya.., bagusan mana coba?? Kalo pake yang pertama kesannya agak2 cupu, yang pake kata2 aku tuh orangnya agak2 pendiem juga, orangnya pengertian tapi kelihatan romantis and pinter. Ya nggak?? Kalo yang pake kata gue, kesannya orang nya mudah bergaul, temennya banyak, kadang suka egois, and biasanya dosanya banyak. Eh, yang terakhir bercanda. He..he..

Tapi aku pake yang pertama aja deh..

Yak, ini postingan lanjutan dari postingan yang kemarin, ya iya lah, masak yang akan datang. Jadi Aku di Jakarta tiga hari. Sampe besok Minggu, minggu yang lalu. Dan hari ini adalah D day. Kalo bahasa Indonesianya ya hari H. Hari ujian.

 UJIAN CHUNNIN: DIMULAI!!!

Aku udah bangun dari jam sebelas malem. Bingung?? Coba di urut lagi dari postingan terakhir, kan aku bilang aku tidur tuh karena jetleg naik kereta. Kok bisa ya jetleg naik kereta?? Mestinya kalo jetleg ya naik jet. Kalo naik kereta ya kereta-leg gitu. WHATSOEVER, gue gak peduli. Aku bilang juga apa, yang suka pake kata gue orang nya cenderung gak peduli an ma egois.

Oke, aku lanjutin, jadi habis tidur itu aku bangun jam sebelas malem, Ngapain?? Ya belajarlah secara, aku. Aku buka2in lagi materi2 yang udah dikumpulin dari internet, juga latihan soal yang kemarin sempet dibeli pas di Kemayoran. Belajar sampe jam setengah tiga pagi, trus sholat tahajud and sholat hajat minta sama Alloh agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal2 tes esok hari. Orang2 yang gak mau berdoa itu disebut orang yang sombong, karena bagaimanapun juga sebagai manusia, kita adalah seorang hamba. Seseorang yang sangat lemah dan membutuhkan bantuan dari Sang Maha Kuasa. Udah kelar sholat and doa, jam tigaan aku baru tidur lagi.
 Aku bangun setengah lima, langsung sholat Subuh. Abis itu siap2, beres2. 

Ni daftar list barang yang sekiranya perlu di bawa waktu akan di tes:

1).    Kartu Ujian, ini barang wajib di bawa. Tanpa ini gak boleh ikut ujian. Kartu ini udah bisa di download di internet sekitar dua minggu sebelum ujian. Seandainya cari pacar juga bisa lewat internet trus tinggal download, kayaknya asyik..#Ngarep
2).    KTP, ini juga kudu dibawa. Ntar waktu mau masuk ruang ujian akan ada petugas yang memverivikasi kecocokan data yang di kartu ujian ama KTP.
3).    AlaT tuLis. Alat tulis ini terdiri dari pensil 2B, khusus buat Lembar Jawab Komputer. Karet penghapus., Ballpoint and Tipe Ex. Kalo bisa, masing2 alat ni bawa lebih dari satu, buat cadangan
4).    Papan ujian, Karena ntar di ruangan Cuma dikasih kursi aja. Jadi papan ujian ini sangat penting sekali.
5).    Hati. Readers, kalo kamu mau ikutan ujian, apapun itu. Kamu kudu bawa hati, apalagi buat yang lagi ngadepin ujian hidup apalagi ujian cinta. Hallahhh.....

Aku keluar dari rumah jam setengah tujuh pagi, aku beruntung dari Cempaka sampai PRJ kemayoran jarknya cukup dekat. Sekitar seperampat jam aja. Jadi jam tujuh an udah sampai di lokasi ujian.
Masuk pelataran PRJ, udah penuh banget sama orang-orang. Agak nerves juga nich. Aku bilang ma adek aku,” Ku kira kalian cukup mengantar sampai sini aja, selebihnya biar aku hadapi sendiri” (keren gak??)

Rasanya, berada ditengah sekitar tiga ribu lima ratusan manusia yang ngantri masuk ke sebuah gerbang buat ujian tu kaya mau nembak cewek tapi ragu2 takut ditolak. Aku Cuma bisa yakin aja. BISMILLAH, aku langsung masuk ke barisan. Aku masuk ngikutin barisan dan sampailah di depan ruangan yang besaa..rrr banget, mungkin ini yang dimaksud Hall A gedung PRJ Kemayoran. Sebelum masuk ada petugas verivikasi yang nyocokin data KTP sama Kartu ujian. Selesai. Langsung masuk.

Setelah masuk ternyata terlihat lebih luas lagi. Dan gedung A ini masih dibagi lagi jadi A1, A2, sama A3. Para peserta diminta mencari kursinya sendiri2, Cuma di kasih kode untuk bagian PDK sebelah sini. S1 sini, S2 sini, S3 sini, Bagian PK sana and PKRT sebelah sana. Selebihnya peserta bebas nyari tempat duduk. Setelah kebagian tempat duduk semua, Panitia ujian maju ke depan. Jadi ditengah2 ruangan tu ada kaya panggung gitu. Kayaknya yang maju tuh ketua panitia ujiannya. Dan dibilangin supaya peserta nempelin stiker yang udah tersedia. Jadi waktu ngambil Kartu ujian udah termasuk sama stiker yang berisi nomor ujian peserta. Aku beri tahu sesuatu, di dalam ruangan udah terpasang CCTV ada minimal 4 CCTV yang aku tau. Dan di dalam ruangan ujian itu juga udah dipasang alat semacam penetralisir sinyal HP, jadi di dalam ruangan sama sekali ga ada sinyal HP. Aku tanya ke adik ku sih itu semacam alat intelejen guna menghindari praktek perjokian atau teknik2 cheating lainnya. Dengan kondisi semacam itu aku bener2 ngrasa kayak lagi ujian chunnin. Pengawasan super ketat. Kecuali aku bisa jutsu melepas mata punya Gaara dari Suna atau menggunakan Teknik yang dipunyai ninja bunyi. Ujian berlangsung biasa saja. 

Aku milih PDK dan soal yang dikerjakan pada tes pertama ini kelihatannya sama semua. Dua ratus soal dengan lembar jawab komputer. Soal terdiri dari wawasan kebangsaan, ketrampilan pengetahuan dasar, dan selebihnya soal mengenai kepribadian diri sebanyak seratus soal. Soalnya apa aja?? Oo..unpredictable. Kalo kisi2 nya sih tentang ASEAN tu keluar banyak, tentang Wasbang, kaya UUD and Pancasila. Aku yang dari kemaren2 belajar politik Amerika, Arab Spring, eh ternyata gak keluar.BTW terima kasih buat Sastra politik, walopun prediksinya ga ada yang keluar tapi ide buat bikin prediksi soal tu ngebantu banget. That's it.

Pelaksanaan ujian ini tepat waktu banget. Jadi sebelumnya para peserta ujian diminta untuk mencocokan jam sesuai jam panitia. Ujian dimulai persis jam delapan. Dan selesai jam setengah sebelas. Selesai ujian.

Jam setengah sebelas semua peserta ujian diminta berhenti menulis. Dan langsung diarah kan ke ruangan A1, di depan, untuk ambil makan siang. Untuk ujian tahun ini panitia nyediain makanan. Kalo tahun2 sebelumnya kayaknya gak ada. Aku istirahat sampe jam setengah satu, yang agak repot waktu mau sholat Dhuhur. Soalnya tempat sholat yang disediain panitia mungkin Cuma sekitar 10 x 10 meter, bisa dibayangin ramenya kaya apa. Itu juga jadi satu antara yang laki2 ma perempuan. Oke selesai.

Jam satu semua kembali ke tempat duduk, ujian babak 2 dimulai. Tapi yang ini agak lebih specifik. Soal terdiri dari dua puluh pilihan ganda, sepuluh soal isian singkat dan essai. Essai ada yang pake bahasa Indonesia n pake English, buat S1 pilh masing2 tiga soal dan S2 pilih empat soal. Kalo yang ujian kedua ini, bagi yang udah selesai garap boleh ninggalin ruangan. Yang mestinya jadual selesai jam empat aku sekitar setengah empat udah selesai. Dan langsung keluar. Temen2 peserta lain juga udah banyak yang mulai keluar.

Ada satu soal yang bikin aku bingungg banget yaitu “Kapan Indonesia jadi tuan rumah pertemuan APEC??” . Dalam hati aku Cuma jawab kenapa tanyanya ke aku?? Itu sama aja kaya tanya kapan Si Mamat kepengen Eek?? Ya terserah Mamatnya kali. Kalo perutnya udah mules, terus ada desakan2 gerakan peristaltik yang terjadi di usus besarnya Mamat sebagai akibat proses ekskresi nah itu baru saat yang tepat buat Mamat pergi ke WC.

Aku keluar ruangan dan HP juga udah normal lagi. Ternyata di luar gedung udah banyak peserta yang keluar. Aku SMS adik ku “ ni ujian dah selesai, aku nunggu di gerbang luar”. Nunggu sekitar setengah jam muncul juga akhirnya. Dan jawaban pertamanya yaitu “sorry mas, agak telat tadi ngabisin MOHABBATEIN dulu. Appa...HHh....!!!!

Oke. Ayo balik segera. Day II is over.

Aku nulis karena seneng, hope you enjoy it.
Itu dulu bye...
Regards

0 comments:

Post a Comment