Thursday, May 2, 2013

pilih baik ato ...


Kita semua adalah penjahat, eh..?? Kayak Joker?? Noboiko?? Kapten Jack??, mau jadi penjahat susah bener kudu make up and costum... *gak gitu juga kaleee...

Gini, maksudnya kita semua punya potensi jahat. Dan menjadi semakin mudah bagi kita untuk menjadi jahat atau sekedar “menikmati” kejahatan orang lain. Setiap hari,di tipi Sliweran kasus2 kriminal. setiap waktu kita bahkan difasilitasi, disugesti, diiming-imingi terus menerus untuk merealisasikan potensi jahat tersebut.

Bahkan saat ini, dengan munculnya internet. Kita gak perlu susah2 buat berbuat jahat, gak perlu lah kudu ke terminal jadi preman terus malakin orang2 atau kudu ke SD buat nyulik anak2 SD yang lucu2 en kaya2. Kudu nyiapin pestol lah buat ngerampok bank. Aah.. bank yang itu sih gak usah dirampok ntar juga bankrut sendiri..

Cukup depan internet kita udah bisa jadi orang jahat, gak perlu juga jadi carder ato hacker. Diem aje depan laptop ato pisi dan ngebiarin waktu gak nglakuin apa2, bengong.  itu juga jahat. Jahat sama diri sendiri.

Saat ini, disini pun kita dapat melampiaskan potensi jahat kita. Bapak2 yang terhormat di DPR yang lagi bikin anggaran,  saat ini bisa aja nyelewengin barang sepuluh atau dua puluh juta, gak usah sebanyak itu  deh, ntar repot lagi bawanya, lima ribu perak aja juga sama kali.

Temen2 mahasiswa di birokrat yang katanya berjuang buat rakyat juga punya potensi jahat yang sama kalo ternyata mereka justru berbuat sebaliknya, teman2 SMA dan SMP, bahkan SD pun sama. Mereka telah melakukan “aksi kejahatan” kalo kemarin2 pada nyontek pas ujian ato nekad beli soal seharga dua puluh jeti. Yang guru2 nya pun juga sama, meski pake alesan buat ngebantuin muridnya, tapi yang namanya mbantuin murid ngerjain soal ujian juga gak bisa dibenerin.

Even yang namanya Mentri Agama, juga punya potensi jahat yang sama. Walopun kadang, kejahatan sistemik (Ceeeee....#tsaahh..) terjadi tanpa disadari pelakunya sendiri. Eeehh, jangan salah. Waktu KKN dulu, Kuliah Kerja Nyata (ceritanye). Temen2 se desa bayang pun, termasuk aku juga deng.. udah pada paham kalo laporan KKN tuh pada di “mainin” plus anggaran2 nya. Tapi kalo gak gitu dari dosen pembimbing gak keluar nilai KKN en anggaran juga gak bisa semuanya turun. Ya, akhirnya program KKN bener2 jadi program latian KKN buat semua.

Eh, ini bukan apology, yang namanya Korupsi dimana-mana tetep gak boleh.

Ini ngomongin apa sih..??? dari tadi ngomong gak jelas mulu...

Oke.. oke jadi gini, manusia dari sononye emang udah punya potensi jahat, kejahatan ini bisa kejadian sama diri sendiri, orang lain ato bahkan orang banyak. Nah, kalo udah pada tauk ni kita ada potensi jahat terus kudu gimane dong..???

Ya, potensi jahat itu mang gak bisa diilangin karena mang udah sepaket dari yang nyiptain. Tapi potensi jahat itu bisa di teken en dikendaliin. Soalnye nih, selain potensi jahat, kita juga punya potensi baik. Buat neken en ngendaliin potensi jahat, kita kudu ngebesarin potensi baik, dan terus belajar.

Kalo tau kita orang nya pelit ya kita kudu rajin2 ngasih orang, banyakin sedekah lah, bakti sosial ke panti2, kalo tau kita orang nya suka marahan, ya banyakin maapin orang. Kalo kita orang nya cuek, suka gak peduli ma orang lain, ya coba deh sekali2 ikutan kumpul bareng temen2 komplek ngerencanain buat hang out kemana gitu..

 Kalo kita suka main tangan, dikit2 mukul, ya coba deh main kaki, sepakbola maksudnya. Yang suka buang sampah sembarangan, ya mulai sekarang buang sampah ditempatnya, kalo tempatnya disungai gimana dong??? Ya gak gitu juga kali *sketsa. Buang sampah ya di tempat sampah. Kalo kitanya udah buang ditempat sampah tapi yang lain masih suka buang sampah sembarangan gimana??? Oooh, orang kayak gitu sih, di bom nuklir aja biar hilang dari muka bumi, eh bercanda ding..

Ya kasih tau dong supaya buang sampah ya ditempat sampah, mbuang sampah tuh ibarat kayak kita nabung, masak kalo kita punya uang mau ditaruh sembarangan...

Dikasih tau udah, malah sampe ditunjukin temapat sampahnya udah, eeehh.. dianya masih aja buang sampah sembarangan,gimana ni??? Oooh, orang kayak gitu sih, di bo... ,aahhh.. sudahlah.

Nah, kalo potensi baiknya udah digedein, jangan brenti di situ aja, terus belajar, cari ilmu. Karena jadi orang baik tu udah baik, tapi bakal lebih baik lagi kalo ditambah pinter, itu dah emas banget.

Car ilmu apa aja, ilmu fisika, kimia, bahasa, ilmu tentang cinta juga gak kalah penting. Ilmu kehidupan dan ilmu agama itu yang paling penting. Ada orang bijak yang berkata kalo kita pengen dunia cari pake ilmu, kalo kita pengen akherat cari pake ilmu, kalo pengen dua2nya pake ilmu.

So, thats why, ilmu tuh penting banget....!!

Oke. Itu ajah



1 comments:

1mmanuel'Z-Note5 said...

bener bengeeet ni.. hehehe

Post a Comment