Tuesday, May 7, 2013

jalan2....



Beberapa hari lalu, aku mulai ikut (sebenere karena penasaran aja, pengen tau pada ngomongin ape sih forum2 kek gini) di forum2 Atheis. Bisa di cari di fesbuk ato di blog2 juga ada. Sebelumnya aku kasi tau, yang bakal ada di posting ini semua murni opini, jadi kalo ada yang gak sepakat ato punya pendapat lain silakan share di komen pake bahasa yang baik. Kalo ente ragu2 mending brenti baca sampe sini aja.

Kenape aku bisa hunting sampe ke Atheism, itu karena bisa dibilang aku lagi pengen nguatin lagi apa yang aku yakinin sekarang. Sebagai info aku Islam. Sebelum ke Atheism aku juga baca2 tentang budha, Hindhu, Katholik dan Kristen, even sekilas tentang konghuchu en Yahudi sama aliran kepercayaan lain, kayak kejawen sama filsafat.

Pernah ada yang bilang, kalo pengen tau mana batu yang terkuat ya coba deh di adu. Entar mana batu yang bertahan sampe akhir ga ancur, itu tuh batu yang paling kuat.

Kalo mau dibilang sama emang semua ajaran2 itu sama, di dalam Islam nyebutinnya muamalah. Hubungan sesama manusianya. Bahkan buat Atheism pun sama. Apa yang dimaksutin sama humanisme, kemanusiaan, larangan membunuh, memperkosa, mencuri, durhaka ame ortu, korupsi itu gak ada ajaran yang ngebolehin.
Terus bedanya dimane dong?? Perbedaan nya muncul waktu pembahasannya sampe di Tuhan. Hubungan si manusia sebagai hamba Tuhannya, ada Alloh, Allah, Yessus, Yahweh, Trimurti, Sidharta, masih banyak lagi. Kalo buat Atheis sendiri selama beberapa hari ini aku liat memang gak ada Tuhan, Tapi lebih percaya sama nalar, logika, bukti, data, science.

Kalo urusannye brenti sampe disitu doang, aku yakin gak ada masalah. Tinggal orang2nya aja pada saling menghormati dan menghargai. Kecuali buat orang2 yang suka iseng maen nyalah2in agama en kepercayaan orang lain.

Yang namanya orang hidup kan ya, gak bisa lepas dari makhluk lain. Kalo kata guru PPkn sih manusia sebagai makhluk sosial. Kita kudu baik sama tetangga, kecuali tetangga yang suka usil.
Kudu baik sama orang2 dilingkungan kita, sama pengemis juga. Sama hewan2. Sama tumbuhan juga musti baik.

Kerikil2 perbedaan (aseek...) muncul lagi waktu sisi kemanusiaan itu mulai bersinggungan #saahh.. sama sisi2 ketuhanan. Lho?? Gimana2, bukannya emang harus gitu?? Maksudnya yang disana juga bisa ngrugiin orang lain..
Tujuan buat orang2 Theis kan emang nantinya bakal menuju ke tuhannya, jadi orientasinya ya (kudu) ke kehidupan yang selanjutnya. Kecuali Atheis, aku gak tau mereka percaya ada kehidupan lain setelah mati apa gak, kecuali ntar ada bukti empiris, ato logika yang bisa diterima nalar en akal.

Kalo macem sedekah, kunjungan ke panti, mbantuin orang susah, mbayarin spp anak tetangga yang kurang mampu, ngadain pengobatan gratis, itu juga hubungan sesama manusia yang berorientasi ketuhanan, en itu si malah dianjurin. Ntar kalo ngomongin pahala sama dosa jadi panjang urusannye, fokus aja dulu.

Nah kalo yang ngrugiin orang lain, tu kayak membunuh atas nama agama dan tuhan. Hal2 kayak gini yang di forum2 atheis rame banget dibahas. Dari yang pinter, pake bahasa yang bagusan sampe yang IQ jongkok, pake bahasa sebisanya pada ikut koment.

Kalo buat aku sendiri, aku gak menyalahkan orang yang begituan, pun gak membenarkan, itu semua ada aturannya sendiri. Ada konsekuensi dan pertanggungjawabannya sendiri. Pasti ntar ada yang bakal komen: “wah ini si plin plan gak punya pendirian, kalo salah ya salah, bener ya bener yang jelas”.

Hei kawan, permasalahan kayak gini banyak banget aspek penyerta nya, kagak semudah bilang ini benar en nyang itu salah. Banyakin belajar agama, Di semua agama dan kepercayaan kayaknya mencantumkan ajaran buat “melawan” kejahatan. Pengertian mengenai melawan ini bisa ditafsirkan macem2 tergantung orang yang memahami. Tentunya, memahami dan menafsirkannya juga pake ilmu dan harus ada daasarnya.

Satu lagi kesan aku di forum2 atheism, yaitu semua bebas berpendapat, ada yang bilang ini bagus buat ngelatih berpendapat dan mengadu argument, juga sebagai bagian dari proses mencari kebenaran. Bisa juga buat pendewasaan berpikir #cieeee..bahasanye ngapalin semaleman ni pasti.

Oke, aku setuju ama pendapat tersebut, tapi kalo terus2an kayak gitu sama aja debat kusir,bikin orang jadi keras kepala, pengen menang sendiri, gak mau nerima pendapat orang lain, ujung2 nya yang keluar makian en cacian. Eh, Sob Tuhan tuh mau dicaci, dimaki kayak apa deh ya tetep aje Tuhan kagak bakal turun derajatnye. 

Tetangga sebelah pernah bilang kalo berdebat tanpa guru ato ilmu tu ngabisin tenaga aje, kagak manpaat. Nah elu ngapain masih join yang begituan kalo kagak ade manpaatnya..??

Kenape aku masih join..??? kalo aku ya kembali lagi buat belajar aja, buat nambah ilmu dan cari tau seberapa yakin aku sama yang aku pegang saat ini.

Di sini aku gak akan nyalah2in orang2 yang berbeda, mau muslim, ato selain itu ato gak milih sama sekali, terserah. Mau pake celana jeans, cardigan, skinny, rok, bahan kain, warna merah, ijo, kuning,ungu, putih ato mau pake celana transparan ato gak pake celana sekalian, (masih) bisa dipikir pake otak dan kesadaran sebagai makhluk hidup yang punya pikiran.toh berbeda juga bagian dari hak hidup manusia dan kemanusiaan.

 Eits.., gak make celana juga gak bisa disalahin, bisa aja doi belum nemu celana yang pas, warnanya gak cocok mungkin, ato ukuran celananya yang kekecilan or kebesaran. Bisa jadi celananya kesempitan en gak nyaman dipake, sampe akhirnya tuh celana di lepas en doi milih gak pake celana. ato ada yang bilang gak perlu lah make celana, yang penting nutup aurot. He.. he.... Yang jelas ada konsekuensi dan tanggungjawab disana.

Satu lagi, kalo gabung di forum2 beginian, pegang kuat dulu apa yang diyakini sebelumnya, soalnya bakal banyak informasi yang simpang siur, efek gak ada guru en standard kebenaran yang jelas. Salah2 malah tambah bingung ntar jadinya.

 Cuma kalo di forum2 beginian (atheism) ya kudu sabar ngadepin orang2 yang komennya pake bahasa sebisanya, banyakin belajar ilmu agama sama science kalo mau bikin thread. Terakhir pake etika, apa yang diomongin tuh mencerminkan orangnya. Jangan sampe maksain kebenaran ke orang lain, apalagi pake bahasa kasar, nama hewan lah di sebut2 yang bikin mata sepet. Yang kayak gitu juga sebenernye dah ngelanggar rasa kemanusiaan buat menikmati  forum2 beginian secara aman dan nyaman.

0 comments:

Post a Comment