Wednesday, July 24, 2013

mandiri..?? wajib boi


Assalammualaikum...

Udah mau lebaran aja ni hawa2 nya, gimana boi puasanya..?? masi belum ada yang bolongkan..??? siiip deuh.

Postingan yang ini, mau ngomongin tentang kemandirian. Iya, mandiri. Secara, sebagai seorang Muslim mang seharusnya udah punya sifat, rasa kemandirian sejak dini. Mandiri disegala bidang. Yang paling utama yaitu kemandirian Keimanan (akidah), ini agak deket2 ma postingan yang ini .terus kemandirian kepribadian artinya mandiri dalam mengelola potensi diri, kita kan udah diciptain ma Alloh dengan segala kesempurnaan hdup. Manusia idup udah dikasih akal, pikiran, nafsu, hidayah macem2 nah itu kudu dikelola en dimaksimalin.

Terus ada juga kemandirian sosial, kemandirian dalam kita berinteraksi sama orang2 disekitar kita. Ada juga kemandirian hukum yaitu kemandirian dalam menerima hukum2 yang ada di lingkungan kita. Termasuk juga hukum Alloh. Ada lagi kemandirian ilmu, mandiri dalam proses berpikir dan mempelajari suatu ilmu. Nah yang terakhir yang banyak diomongin orang2 saat ini yaitu kemandirian financial. Mandiri dalam mencukupi kebutuhan hidup untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain yang membutuhkan.

Eh, dari tadi ngomong mandiri, kemandirian emang artinya apaan bro..???

Lah malah belum ngarti artinya mandiri ternyata, mandiri tuh kalo di Inggrisin artinya Autonomy yang artinya ngurus kepentingannye sendiri. Mirip en masi sodaraan juga sama kata independence yang artinye berdiri dengan kekuatan sendiri.

Kayak yang udah aku omongin diatas manusia tuh udah diciptain sempurna ama Alloh, udah dikasih akal, pikiran, nafsu, hidayah, naluri, fitrah macem2. Tinggal manusianya aja yang kudu pinter2 ngejaga en ngegunain tuh modal dengan baik.

Prakteknya, konsep kemandirian dibagi jadi dua. Yang pertama konsep do it by yourself en satunya konsep Islam. Yok kita liat satu2.

Konsep do it by yourself yang perkatanya diartiin “kerjain sendiri”, lahir di barat (Inggris) sebagai bentuk protes para buruh (kelas pekerja) sama pemerintahan kapitalis, para borjuis dan pemilik modal. Doi (pekerja) berusaha keras biar gak bergantung sama pemerintah. Tindakan yang kaya gini merupakan wujud protes nyata sama pemerintah saat itu. Ini juga yang jadi salah satu sebab munculnya revolusi industri, renaisance, de el el.

Masuk ke konsep filsafat (tsaahhh.... ini baru greget!!) do it by yourself deket banget ama nihilsm en existentialism en materialisme juga, jadi manusia tuh bisa hidup sendiri gak butuh orang lain, semua hal tuh bisa dikerjain sendiri sampe ke konsep kalo yang nentuin hidup manusia tuh ya si manusianya  sendiri,  sampe2 Tuhan juga diilangin. Manusia tuh gak butuh yang namanya Tuhan. Ini bahaya boi.

Lagian konsep ini juga gak bisa dilaksanain 100 %, contoh kecil makan nasi. Ente bisa gak nglakuin semua proses dari mulai nanem benih, ngerawat, ngasih pupuk sampe panen, trus ke distributor, sampe ke pasar, bikin kompor buat masak nasi, sampe tuh padi berubah jadi nasi. Susyah....

Selaen itu, do it by yourself juga bertentangan sama fitrah manusia sebagai makhluk sosial yang butuh orang lain dalam ngejalanin aktifitasnyah.

 Nah, konsep yang kedua tuh konsep kemandirian Islam, mirip sama konsep pertama, tapi di sini ada Alloh, Tuhan semesta alam tempat berharap, bergantung dan meminta. Dikonsep yang kedua ini mencakup dua dimensi, dimensi dunia sama akherat. Beda ama konsep do it by yourself yang cuma berdimensi dunia.

Di dalam islam sangat nganjurin buat jadi ummat yang mandiri, kayak yang udah disebutin di surat Aljumuah ayat 10:

Yang artinya: Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Alloh dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Nabi Muhammad juga pernah bilang kalo Nabi Dawud tuh gak makan kecuali dari hasil kedua tangannya sendiri. (H.R. Bukhori dari Abi Huroiroh)

Di dalam islam, konsep kemandirian tuh deke..eet banget sama kerja kers. Di dalem sejarahnya sendiri Nabi nggembalain kambing dari umur 8 taunsupaya gak nyusahin pamannya Abu Tholib. Terus waktu umur 12 taun udah ikut dagang ke luarnegri (Syam). Nah, buat kita, utamanya nih yang masi muda jangan males2an, kudu giat bekerja. Seorang pemuda jangan kebanyakan tidur, soalnya seseorang yang bergantung sama Alloh bukan berarti pasrah, tanpa ikhtiar dan kerja keras en cerdas, tapi semakin bergantung sama Alloh justru ngebikin doi makin giat buat kerja. Paham perintah Tuhannya dan Nabinya buat berusaha sekuat tenaga nyari karunia-Nya. Satu lagi jangan pernah putus asa, kalo udah putus harapan habislah sudah.  

Yuk wujudin kemandirian dimulai dari sendiri,keluarga, masyarakat en negara biar tercipta kehidupan yang mandiri en cuman bergantung sama Alloh. Kalo kaya gitu kan udah gak perlu minjem2 duit ke mane2.








0 comments:

Post a Comment