Monday, July 29, 2013

(abra)Kdabra the series


Assalammualaikum..

Rasanya baru puasa kemarin, hawa2 nye udah mau lebaran aje.., gimana puasanya..??

Setelah sekian lama akhirnya, ah sudahlah. Chek this out..!!!

Temen2 pernah mbayangin ada kloning tuhan..?? iya tuhan..!! Kalo producernya Kdabra mungkin tau. Kdabra film serial yang diputer di channel FOX Crime udah masuk season 3. Di season 1 (2009) Kdabra cerita tentang sosok Luca (yang nantinya diketahui kalo doi adalah sosok kloning kristus).

Dari kecil dicritain kalo Luca hidup di dalem lingkungan Ordo ato komunitas agama yang bisa dibilang tertutup dari dunia luar sampe doi usia2 SMA. Luca punya 2 sahabat yang setia ndampingin kemana pun, bisa dibilang kayak guardian yang emang udah ditugasin secara rahasia sama ordo. Oh, ya bapaknya Luca nih, sekaligus juga pimpinan ordo. Jadi semua yang terjadi di ordo adalah atas perintah doi. Mungkin buat ordo, definisi menjaga tuh mirip2 sama melacak, mengintai, memastikan semua gerak-gerik Luca.

Entah dari mana, Luca bisa punya kekuatan magic, en doi juga seneng tuh main2 kayak sulap2 gitu, yang kadang bisa ngebahayain keselametan nya. Yang paling khawatir tentunya Ignacio. Luca sendiri juga gak paham sama yang die lakuin. Gak tau tentang kekuatan magic nya. Sampe nantinya doi ketemu Rene yang ngajarin Luca trik2 magic en cara ngendaliin kekuatan nya di Majestic. FYI, Ignacio bapaknya Luca tuh orangnya protectiv banget kayak ada rahasia besar yang doi sembunyiin. Uupss....

Itu baru awal story line dari Kdabra, masi banyak shocking scene di nih pilm. Nanti kalo aku crita semuanye, jadi gak seru lagi dong pilmnya. Walopun diawal crita banyak banget sub plot yang bisa bikin bingung (serius bingung..!!). Benang merahnya tetep kliatan kok, tentang kebenaran lawan kejahatan antara gelap versus cahaya.  

Yang bikin menarik, pertama sih tema besarnya. Kloning kristus. Spoiler dikit ah, aku baru bener2 yakin kalo ni crita tentang kloning kristus sampe udah nonton mau habis season 1, mau masuk seoson 2. Temanya tuh kontroversial bangget.Sensitv banget. Ini tu kayak, kayak nge dekonstruksi agama dunia khususnya kristiani (tsah...). Malah ntar diceritain kalo emang bener2 ada agama baru.

Tapi di Amerika latin sendiri, serial ini malah masuk ke top rated. Wuiihh.. ajegile, emang orang2 sono udeh pade sekuler gitu yah, misahin urusan agama sama negara, jadi ya gak usah pikir panjang urusan agama. Ini kan cuma pilm, santai boi. Kalo pun nyrempet2 agama toh juga Cuma pilm, rekayasa, karangan ide kreatif manusia. Coba kalo Indo bikin pilm model beginian gak laku, nggak ada produser yang mau bikin. Udah jelas gak boleh tayang tuh pilm. Belum lagi ntar tanggepan orang2. Bisa2 dihukum m#ati.

Sampe2 ada di salah satu scene, ada pendeta tuh ngomong sama Luca bahwa kemunculannya di bumi yang disisi lain bisa ditafsir sebagai turunnya tuhan buat yang kedua kalinya, telah mengubah semua persepsi agama2 besar dunia.  Doi juga bilang kalo semua materi2 yang diajarkan di sekolah theology jadi gak penting kalo ternyata kejadiannye kayak  gini.

Yang kedua menurutku adalah cara penyampaian ceritanya yang istilahnya tuh spiral, jadi yang nonton tuh dibawa ke mana2 dulu sebelum nantinya sampe pada satu kesimpulan. Udah sampe kesimpulan pun, masih ambigu, masih bisa ke mana2 lagi. Kdabra emang kayaknya sengaja buat penonton tuh penasaran terus soalnya nih pilm nggabungin dua unsur yang sering kali menimbulkan perdebatan agama sama science, faith sama technolgy.

Yang ketiga is about secret organization, yang namanya secret tu emang selalu bikin penasaran. Penasaran tentang apa si yang sebenernye terjadi. Ini agak phylosophy, banyak hal sebenernya di dunia ini yang nggak kite tau dan udah jadi salah satu tujuan hidup manusia adalah buat cari tau. Kalo nurut ni pilm, bisa jadi didalam secret organization ada "the others" yang ternyata lebih secret lagi. Macem intinya inti masih ada yang lebih inti lagi. Bingung..?? Coba baca sekali lagi pelan2 aja.

Sampe postingan ini dibuat, Kdabra season 3 masi diputer di FOX Crime (walopun kalo aku liat di youtube kayaknya udah ade juga si..), belum slese. Jadi apa yang aku tulis disini juga belum final masi mungkin bangget buat ada kesimpulan2 lain di akhir ceritanya entar.

Ni ada kutipan dari IMDb:
 What is this mystery? The answer is the engine that drives this story and brings to Kdabra a series of characters on the edge of imaginable, such as an astronaut who abandoned his career after a close encounter of the third kind to live in the Moon; an expert on human cloning that - apparently - crazy and now lives in a psychiatric clinic, and even a priest of 33-year-old who seems 100 years and are fed with leeches.


While everybody's looking for an explanation for the phenomenon represented by Luca, the boy leaves the safety of his religious community to devote his life to René and the Majestic: a world of beautiful women, unscrupulous fraudsters and the more skilled players, who will lead to Luca to become in the most amazing magician that has ever inhabited our planet.

Itu adjah....

0 comments:

Post a Comment