Thursday, July 18, 2013

Islam kultural (apaan nih...???!!)



Assalammualaikum....

Hari ini sudah memasuki puasa yang ke berapa ya.., gimana..?? ada yang udah batal..?? masi kuat dong..., harus kuat!!

Jadi ceritanya nie, tadi subuh ada kultum subuh yang bagus banget menurut aku. Kultum nya tentang umat islam yang beraneka ragam, khususnya mbahas tentang islam yang ada di Indonesia. Yang ceramah ini adalah mr. MJ, eits bukan Marry Jane tapi Muchsin Jamil. Doi dosen di Institut Agama Islam Negri Walisongo Semarang.

Pertama, mr. MJ cerita kalo islam yang ada di Indo ini emang udah aslinya beraneka ragam. Jadi udah dari sononye mang begitu. Kalo diselidiki en diteliti, ada beberapa teori tentang masuknya islam di Indo khususnya Jawa. Ada yang bilang dari China lewat perdagangan, soalnya China jaman dulu udah punya hubungan dagang ama Arab, jadi kalo jalan mau ga mau ya kudu lewat selat Malaka otomatis nglewatin Indo. Ada lagi yang bilang dari Gujarat, daerah Yaman. Ya sama lewat jalur dagang gitu. Tambahan sama teori2 lain yang udah pernah di dapetin waktu SD. Ada yang pake cara nikahan, ato kesenian yang dibawa sama walisongo.

Jadi islam yang masuk ke Indo sendiri sebetulnye udah ada campuran en masukan budaya2 local. Ditambah setelah masuk ke Indo yang aslinya sendiri terdiri dari 17.000an pulo en ratusan suku bangsa dan bahasa jadi tambah beraneka ragam deh.

Ini ngomongin apa..??Jangan2 ini blog liberal ya?? JIL..?? Konspirasi Freemasson..?? Liberty, Egality, Freternity..?? Persamaan..?? Kok bahasannya kayak gini..??

Eittsss..., bentar dulu baca sampe slese dulu. Jadi gini ada perkataan orang sholeh, sholli ‘ala Muhammad yang bunyinya kayak gini: “Perbedaan dikalangan umatku adalah Rohmat”, maksud dari perbedaan disini adalah perbedaan pendapat. Terus di Al Qur’an juga disebutin kalo umat manusia kudu saling kenal mengenal dan jangan terpecah belah.

Ada juga pepatah yang bunyinya “if you have an apple, and I have an apple and we exchange our apple, we still have one apple. But if you have an idea and I have an idea then we exchange our idea we have two ideas”. Adanya perbedaan itu, sebenere malah nambahin ilmu pengetahuan yang udah kita miliki. Tanpa adanya perbedaan2kayaknya jua bakal sulit buat maju. Coba bayangin kalo semua orang sama terus pikirannya juga sama, ilmu yang ada juga bakal segitu2 adjah. Tapi coba kalo si A udah bisa bikin motor ketemu si B yang udah bikin mobil, kan bakal nambah tuh ilmu ama pengalaman si A.

Bahasan ini tujuannya supaya kita tambah kaya akan pemahaman terhadap perbedaan2 yang ada di intern umat islam sendiri #tsaaanhhhh.... keren..keren..., emang ente udah paham..?? Yaa, belum juga sih, sama2 belajar aja.

Ok, Islam yang ada di jawa nih terutama, jadi sebelum islam hadir di Jawa agama Hindhu udah duluan muncul. Contoh konkret persebaran islam di Kudus. Di sana umat muslim dianjurkan buat ngganti daging sapi sama kerbo. Baik buat konsumsi sehari-hari maupun saat hari raya Qurban. Hal itu dilakuin dalam rangka menghormati umat Hindhu yang nganggap sapi jadi hewan suci.

Terus adanya kejawen, itu kalo diteliti munculnya dari jaman dinamisme en animisme sebelum islam datang. Jadi dari dulunya orang jawa udah percaya bahwa ada suatu kekuatan di luar manusia yang kalo dalam Islam sendiri nyebutnya “Laisa kamislihi”. Kekuatan dari sesuatu/ Dzat yang tidak menyerupai apapun.

Dan “kekuatan” itu bisa nempel di mana pun yang “Dia” kehendaki, adanya persamaan konsep “kekuatan lain diluar manusia ini juga jadi salah satu faktor kenapa di Jawa Islam bisa dikatakan mudah diterima.

Ini adalah postingan tentang Islam dan akulturasi budaya local, harapannya postingan ini bisa bikin kita selalu penasaran buat nanya kok bisa gitu..???  nah terus mulai deh bingung en terus berpikir buat nyari jawabannya. Gak sekedar ketemu ada yang beda terus langsung nyalah2 in. Apalagi bilang kalo yang lain bukan Islam, ngrasa bener sendiri.

Dalam berislam sendiri kan udah jelas, kan ada Sabda Nabi tuh, “Sudah aku tinggalkan dua perkara yang siap berpegang teguh padanya maka gak akan tersesat, dua perkara itu adalah Al Quran dan sunnah Nabi”. Kalo selama masih ngikutin dua perkara itu, maka perbedaan pendapat (yang bukan mengarah pada perpecahan) adalah rahmat.

Tapi sebaliknya, kalo nyata2 udah gak sesuai Al Quran ma sunnah Nabi ya berarti udah bukan islam, masuk deh surat Al kafirun: “Untukmu agamamu dan untukku agamaku".   
Temen2 pernah taukan ada ungkapan kalo gak suka sama sesuatu belum tentu benci pun kalo suka sama sesuatu belum tentu cinta #tsaaa...hhhhhh

Itu adjah.


0 comments:

Post a Comment