Thursday, September 27, 2012

dan pagi ini pun masih membuka jendela....


“Kanta...!!”

“Tu jangan lupa, jendelanya dibuka, udah pagi..!!”

Setelah membereskan kasur, menyapu halaman, mencuci baju (pembantu nih yee..., biarin..), dan menanak nasi # Tsaah, lama gak denger kata ini. Menanak kata dasar tanak, dapet imbuhan me- yang berarti kata kerja. Tanak artinya apaan yaa.., lagu india?? Tanak tintana.., deeste. Udah dee...hh. Kemudian aku segera membuka jendela kamarku. 

Tapi aku gak habis pikir kenapa harus nglakuin rutinitas seperti itu. Padahal ntar kalo menjelang maghrib juga suruh nutup tu jendela lagi. Dan ini dilakuin gak Cuma sehari, dua hari. Tiap hari. Rutinitas yang sangat membosankan bagiku, udah tau menjelang maghrib bakal ditutup lagi ngapain pagi2 musti dibuka-buka?? Kayak ga ada kerjaan lagi..

Tapi setelah ku pikir lagi ternyata banyak manfaat dari membuka jendela di pagi hari. Yuk simak..!

Membuka jendela di pagi hari banyak manfaatnya cu..iyy. Dengan mbuka jendela di pagi hari kita bisa ndapetin udara segar yang banyak mengandung oksigen, supaya masuk ke rumah ato kamar dan sekaligus  ngeluarin udara kotor dari dalam rumah ke luar rumah (ya iya lah... yang namanya keluar ya di luar mustinya) sehingga udara di rumah ato kamar bakal terasa menyegarkan gitu. Istilah kerennya sirkulasi udara. Jika jendela selalu ditutup rapat maka udara yang di dalam rumah bisa hanya yang itu-itu saja kecuali bila ada ac yang bisa menggantikan fungsi ventilasi rumah. Ikut seneng kalo ada readers yang udah punya ac di rumahnya. Alhamdulillah...

Di samping itu masih ada fungsi yang ndak kalah penting yaitu fungsi untuk memasukkan sinar  matahari ke dalam rumah. Fungsinya adalah buat mengurangi kelembaban udara di dalam rumah, juga untuk membunuh kuman virus dan bakteri yang ada di dalam rumah. Dengan matinya kuman penyebab berbagai penyakit maka kesehatan kita beserta anggota keluarga lain pun dapat lebih kejaga. Tumben, pinter.

Trus ada juga ternyata manfaat kenapa kudu nutup jendela di malam hari ato menjelang maghrib, yang pertama supaya nyamuk2 kagak masuk ke kamar ato rumah. Trus juga supaya nggak mengundang para pencuris (jamak) buat dateng ke rumah. Coba kalo jendela kebuka terus.

Hal ini juga mungkin terjadi sama temen2, dan bahkan aku juga. Seringkali merasa terjebak dalam rutinitas yang membosankan. Sekolah, kuliah, kerja, deelel. Kita udah tau ni ntar bakal gimana, trus gimana. Ya, sama kaya fenomena buka-tutup jendela. Jadi udah kaya autopilot aja.

Tapi pernahkah temen2 coba cari ada manfaat apa yang bisa diambil dari rutinitas itu, atau ada sisi negatif yang bakal terjadi kalo nggak nglakuin tuh routine..?Keasikan, kesenangan, kegembiraan, bahkan kesedihan dan khawatir, itu justru muncul ketika kita menjalaninya.

Enjoy your day....

Best REGarD

0 comments:

Post a Comment