Wednesday, April 18, 2012

Bakpao Goreng


Kanta baru aja balik dari rumah, sekembalinya di kos, dia seakan akan punya semangat baru. Lalu dia bikin program sehari. Niatnya sih pengen hidup en waktunya lebih tertata, teratur, tertib dan efisien (hebat gak!!!).
Kanta sekarang punya jadwal harian tentang kegiatannya tiap hari.
Di buku catatan hariannya yang jadi satu sama catatan mata kuliah Phonology, literary criticism, grammer, juga catetan barang yang mesti dibawa saat diklat pecinta alam. Tertulis:
Senin,21 Maret 2012
1.       Ngampus, cari dosen buat konsultasi
2.       Datang ke Musyawarah Akbar Organisasi
3.       Ke Perpustakaan ngembalikan buku referensi
4.       Olah raga
5.       Baca Buku

Jam 08.55
Kanta udah nongkrongin kampus nyari dosen yang bisa membantunya lolos dari ujian hidup yang sangat membosankan.
1 jam kemudian.....
2 jam kemudian....
Pada menit ke 38 selepas 2 jam nunggu, bagai menemukan seberkas cahaya di dalam kegelapan, Kanta seperti melihat mobil milik dosennya itu. Dengan semangat 45 Kanta berlari menuju mobil Xenia Silver, bagai seorang anak yang ingin melepas rindu pada ibunya yang sudah 16 tahun tidak bertemu. Tapi waktu Xenia udah berhenti and pintu mulai terbuka sedikit demi sedikt, kree..eek, kre...k, (emang pintu rumah hantu),keluarlah sesosok dosen berbaju coklat marun yang ternyata bukan dosen yang dimaksud. Setelah cari2 info di dapatilah fakta yang sangat pahit bagi seorang mahasiswa lugu yang sedang menempuh jalan hidup dengan mengambil pilihan sulit yaitu skripsi.
Bu Dona, dosen yang udah aku tungguin seumur hidupku lagi ke Hongkong selama seminggu buat penelitian. Aku curiga yang diteliti itu judulnya “Pengaruh Boyband Korea terhadap perkembangan Alay di Indonesia”. (Boyband Korea kenapa penelitiannya di Hongkong??? Meneketehe).
Aaaah aku bosan dengan hidupku yang gini-gini aja. Setelah hampir 3 jam menunggu. Akhirnya aku buat keputusan besar yang mungkin akan mengubah hidupku selamanya. Aku keluar dari kampus, (pause) tapi besoknya tetep dateng lagi dong.
Jam 11.13
Ke Masjid aja, mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa (Ceilee)
Jam 11.25
Udah di Masjid. Nungguin Sholat Dhuhur, lama kelamaan....
Angin masjid sepoi-sepoi. Aku senderan di serambi, akhirnya.....
....zzzz..zzzZZZZtttzzzZZZZZZZZZ....   .....zzzzzZZZZZZZZZZZ.....ssszzzZZZZZZZ......
ZZZZZZZZZZzzzzzzz...........   zZzZzZzZZZZZZZZZZzzzzzzzz.........
Jam 11.43
...Mas, mas Sholat Dhuhur dulu mas udah adzan tuh, seseorang membangunkan Kanta.
Ha....?...Ha...Ha...? (bingung, Siapa aku ini? Dimana?)
Kanta bangkit dari posisi tidurnya, jalan ke tempat wudhu. Kanta mengambil air wudhu, membasuh wajah dan menghapus kantuknya.
Kanta menjalankan Sholat Dhuhur,
......................................................................
Jam 12.34
Udah selesai sholat Dhuhur, turun dari masjid, nongkrong , ngobrol ma temen se genk.
Jam 13.05
Kanta: Eh, aku pergi dulu.mau ke perpus jurusan ngembalikin buku nih.
Jam 13.21
Sampai perpus Jurusan. Eh, masih tutup. Petugas jaganya belum pada dateng, in the other words masih istirahat.   AppHaaaa!!!!! Zoom in, zoom out, Zoom in, zoom out,. Wah gak bisa dibiarin kaya gini terus. Kasihan mahasiswa yang waktunya terbatas, padat and banyak agenda (mengasihani diri sendiri). Gak disiplin blassss.....!!!!!.
Akhirnya Kanta mutusin buat ke Kantor dosen, sekali lagi buat mastiin apa bener bu Dona lagi ke Hongkong. Kanta yang seorang penganut paham materialism yang apa-apa diitung pake duit. Yang gak akan percaya sama sesuatu sebelum dia lihat dengan mata kepala sendiri.
Kanta masuk ke ruang dosen, Eh pas ada bu dosen yang lumayam ehem..
Tahu ada mahasiswa yang masuk ke ruangan, bu dosen yang ehem..(halaaa..ah) langsung nanyain.
Bu dosen: Mau nyari siapa dek Kanta, Cessssss.. denger aku dipanggil dek kayak hatiku disiram es. Aaadeeemmmm...
Kanta: Eh, Ooh? Ooh!! Ndak bu, ni Cuma mau nyari bu Dona. Mau konsultasi.
Bu dosen: Oh, kalo beliau katanya ngga berangkat sampe satu minggu, lagi ada tugas penelitian di Hongkong.
Kanta: Ooh gitu ya bu, terimakasih bu.
Kanta akhirnya keluar ruang dosen dengan Mita (Koq bisa!) dan dengan lesu. Gimana mit..?skripsi kamu. Alhamdulillah dah acc sampe bab 3, Bakpao goreeeenggggg. Perasaan dulu ngajuin proposal aku dulu, aku  disini sini aja koq mita Bab 3 dah acc mau bab 4. Bakpao gorenggggggg!!!!!!!!
Jam 14.26
Kanta inget kalo kudu ngembalikin buku dulu, barangkali penjaga perpusnya dah sadar akan kewajibannya.
Eeh di tangga pas mau naik ke lante 2, ruang perpus Kanta ketemu sama bobi yang lagi hotspotan. Kampus aku dah ada hotspotnya loo.... Keren banget, tapi lemot. Anyway, Kanta melengos and gabung sama Bobi,hotspotan. Buka-bukain Google, facebook, twitter, Wiki, 4shared, Keepvid, 21, dan lain-lain.
Jam 14.40
Kanta inget tujuan mulianya, eh Bob, ni download Asmaul Husna nya diterusin dulu aja ya. Ntar aku balik lagi. Aku mau ngembalikin bukunya Tolstoy dulu sama Tom Swayer. Kenal Tolstoy ga, Pakde jauh ma aku. Kanta sampe di perpus jurusan, eh mbak librariannya udah lagi kemas-kemas, udah sampe pintu malahan.
Kanta: mbak mau ngembalikin buku nih...!!!
Mbak Librarian: Jiah, kok nembe sekarang to nang. Dah besok aja ngembalikinnya,.
Kanta: Tapi..! tapi mbak. Kalo ngembalikin besok kena denda gak mbak? Ni hari bates pinjemnya.
Mbak Librarian: Urusan Lo kalee, emang gue pikirin. Denda ya denda.
Si mbak Librarian ngejawab sekenanya sambil terus ngancingin pintu tanpa menoleh. Bakpao goreennggg!!!!!!!!!!
Tahu keadaan kaya gitu, Kanta langsung cepet2 balik ke bawah, nyariin Bobi. Sampe di bawah, Bobi dah ga ada. Bakpao gorreennggggg!!!!!!double!.
Akhirnya Kanta putusin pergi dari kampus.  
Jam 15.17
Sholat Ashar, pergi ke Masjid Ungu Asik, kali ini langsung ambil air wudhu. Langsung bergegas.

Jam 15.35
Selesai sholat Ashar langsung balik kosan. Udah suntuk banget. Pengin ke Australia and main ke Sydney, tapi duit Cuma cukup buat makan. Udah sampe kos, udah tidur-tiduran, Cuma tidur-tiduran aja soalnya Kata Ustadz yang di Masjid Ungu Asik tidur sore hari gak bagus. Bikin otak kamu lambat, and pada akhirnya otak kamu diem gak bisa buat mikir. Apalagi pas akhir bulan and perut laper.
Jam 15.42
Pas lagi enak2an tidur2an, ntah kenapa otak in menerawang dan memikrkan sesuatu. Kanta baru inget kalo dia dapet undangan buat hadir di musyawarah Akbar salah satu organisasi kemahasiswaan kampus.
Bakpao goreennggg!!lupa, kalo hari ini dapat undangan. Kanta mikir..... Padahal acara diundangan selesai jam 16.00, buat perjalanan dari kos 10 menit. Di acara Cuma 8 menit, mau ngapainn ?? Absen ? Absen? Absen?,........
Akhirnya Kanta mutusin buat gak ikut sekalian aja. Dia ambil henpon and SmS kalo Kanta gak bisa hadir alessannya habis dari kampus ketemu sama dosen.
Jam 15.47 (ini contoh sikap cepat dalam mengambil keputusan)
Nonton tipi, acara2 gak jelas and gak mutu gitu.
Jam 16.35
Acara tipi semakin ngawur, jadi pengin jalan2 ke Ausy lagi tapi langsung aku buang jauh tu pikiran, tapi dalam jarak yang masih bisa aku raih. Kanta muncul ide buat mandi. Tapi ngantri, biasa anak kosan.
Jam 17.07
Baru deh keturutan mandi, selesai mandi nulis2 dikamar sambil nungguin adzan Maghrib.
Jam 17.48
Adzan maghrib – pergi ke masjid - sholat Maghrib.
Jam 18.28
Ngaji-ngaji, nglanjutin nulis2, tau2 udah Isya aja. Sholat Isya dulu ah. Habis Sholat Isya Kanta cari makan and nongkrong barenG temen2 kosan sampai jam 20.21
Jam 20.35
Dah nyampe kosan lagi, habis itu Kanta puas-puasin nonton tipi sampe hampir tengah malem. Menjelang tengah malem Kanta udahan and balik ke kamar. Pas mau bobok, Kanta inget masih ada rencana mulia yang musti dia tunaikan, dia musti olah raga. Soalnya Cuma itu agenda kegiatan yang masih tersisa dan harus ia lakuin. Lainnya berantakan !!!!!. Dengan sisa tenaga dan mata yang udah tinggal 3,5 Watt kanta paksain buat olah raga. Kanta nlakuin push up sampe lebih dari 20 kali.
Jam 01.09
Yesss!!!, bisiknya dalam hati.
Akhirnya ada agenda yang bisa terlaksana. Selesai push up Kanta baru inget kalo dia masih punya rencana agenda buat baca buku. Aaah baca buku tunda besok.....
Kanta langsung nglabruk di kasurnya yang udah keras,
zzzzZZZZZZZZZZZzzzzzzzzz.........ZZZZZZZZZZttttssSSSzzzzzzzzZZZZZZZZZZZtt.................


Jam 04.36 (Suara Adzan Subuh)
Kanta bangun......
Ada yang lain kerasa dikedua lengannya.
AaduuuH !!!!! TaNGAnKU PEGGELLLL!!!!
Nggak lagi-lagi.

0 comments:

Post a Comment