Monday, March 11, 2013

P.E.R.S.E.P.S.I.



Apa itu reality?? Apa artinya kemarin, sekarang ato besok?? Apa yang sebenarnya ada dihadapan kita?? PERSEPSI. Apa artinya persepsi?? Itu tergantung sama persepsi kita sendiri.
Kalo menurut pakde Gibson, dkk (1989) dalam buku Organisasi Dan Manajemen Perilaku, Struktur; doi ngasih definisi persepsi adalah proses kognitif yang digunain sama masing2 individu buat menafsirkan dan memahami dunia sekitarnya (terhadap obyek). Level jenius lngsung naik 59 %. Ihir..ihir... (jangan khuatir ini Cuma persepsiku aja)
Pakde Gibson juga ngejelasin kalo persepsi merupakan proses pemberian arti terhadap lingkungan oleh individu.Tsaah....
Oleh karena itu, setiap individu memberikan arti kepada stimulus secara berbeda meskipun objeknya sama. Cara individu melihat situasi seringkali lebih penting daripada situasi itu sendiri.
Dari situ, bisa disimpulin  pengertian persepsi merupakan suatu proses penginderaan, stimulus yang diterima oleh individu melalui alat indera yang kemudian diinterpretasikan sehingga individu bisa paham en ngerti tentang stimulus yang diterimanya tersebut.
Yang ini penting banget nih
, proses interpretasi stimulus, biasanya dipengaruhin sama pengalaman en proses belajar individu.
Aku mau nambahin dikit kalo persepsi tuh juga muncul dari hasil kerja otak kita yang memproses semua informasi, termasuk pengalaman en proses belajar.
Sebenernye, kalo ngomongin persepsi, aku jadi inget trilogi matrix. Taukan? Taukan? Iya yang itu, yang ada robot kucing yang dateng dari masa depan buat nolongin anak SD, yang bahkan sampe umurnya hampir 20 tahun masih SD aja. Eh..??? Itu Cuma persepsi aku aja deng.
Persepsi itu adanya di pikiran dan berhubungan langsung sama proses kerja otak. Kalo menurutku, persepsi juga yang berperan nentuin mana yang reality mana yang bukan. Kalo aku bilang, apa yang ada dihadapan kita semuanya persepsi kita aja.
Tentang waktu juga itu persepsi kita, manusia aja. Karena saking “halus”nya waktu berganti sehingga manusia perlu bikin suatu patokan yang “nyata” tentang waktu. Munculah detik, menit, jam dan seterusnya. Munculah persamaan bahwa satu menit tuh enam puluh detik, satu jam tuh tiga ribu enam ratus detik.
Kamu yakin kalo bumi en bulan tuh bentuknya bulet, kalo kucing tuh bunyinya meong.. meong.., kalo warna putih tuh sebenarnya warna putih ato gabungan berbagai warna yang bergerak terus menerus, kalo cabe tuh rasanya pedes..
Mungkin orang makan cabe satu aja udah kepedesen, tapi ada juga orang yang makan cabe sampe dua puluh sekaligus kok gak kepedesan??
Dari hasil aku baca2 si yang pertama memunculkan persepsi pada diri adalah alat pengindra, yang terus menghasilkan stimulus trus membentuk interpretasi. Haah.. Apah??
Persepsi ini, juga muncul dari “dalem”, kalo kita nemuin suatu hal yang baru tentu kita langsung bikin persepsi, kayak bagian dari self defense mechanism gitu. Kayak ada yang ngomong dalem hati gitu.
Umpamanya aku gak sengaja kekunci di dalem ruangan gelap, trus karena gak tau ada di mana, trus apa yang ada di depan karena gelap. Akhirnya aku ngandelin tangan ato kulit buat ngerasain ada apa ini, apa yang terjadi disekeliling, Akhirnya aku coba buat nge-raba2. Yang kakinya delapan itu bukan??? Hhm..... Akhirnya aku nemuin sesuatu kok agak empuk, trus aku pegang teksturnya alus ni, trus bentuknya setengah bulet, aku langsung bikin persepsi waduh nemu batu nih, jangan2 dibalik batu ini bakal ada tangan yang tau2 muncul, terus bawa senjata dan aku ditembak gimana nih (Sfx: biola tegang, iya yang kayak gitu).
Dan pada detik2 terakhir, saat terdengar senar biola yang putus lampu nyala dan.... dan ada tuan krab, spongy, patrick, Sandy dan semua penduduk Bikini Bottom, wah aku tambah bingung aja nih, kenapa aku bisa ada di Krasty Krab?? Dan yang aku raba tadi ternyata adalah Krabby Patty. Hah apa yang terjadi?? Dan tau2 semua yang kumpul di Krasty Krabb pada bersorak
“selamat ulang tahun Squidward”
Hahh....!!!! apaa??? Otomatis aku langsung ngeliatin tangan dan kaki, warna ijo, ada....satu, dua, tiga,...... delapan.
Aku bingung, tiba2 pusing, kayaknya aku pingsan.. gelap lagi.
Dan tau2, ada suara kayak manggil2 “ Hoiii tangi, nang mesjid po ra?
Haahh.... Appah...??  
Nah itu semua karena persepsi. Nah terus gimana dong?? Jadi bingung nih mana yang reality mana yang bukan reality (he...he..).Makanya perlu ada penelitian en pembuktian atas semua yang ada dihadapan kita. Itu sebabnya, kalo di Al Quran banyak banget kata2 supaya kita nggunain akal, berpikir,menjelajahi bumi, menjelajahi angkasa, menuntut ilmu, dan lain2, kalo menurut aku sih mungkin itu salah satu cara buat ngebuktiin persepsi kita akan dunia ini. Karena gak semua persepsi tuh bener dan bisa dipertanggung jawabkan.
Kalo cinta?? #eeeaaaaaa.......

Oh, ya. satu lagi semua yang aku tulis juga persepsi aku sendiri, kalo ada yang kurang pas ya maap en tolong benerin yak.... tengkyuh.

Itu ajah,

Best regards






0 comments:

Post a Comment