Hari
terakhir latian mobil, Yak kemarin hari terakhir aku latian mobil. En,
hasilnya.....
Aku masih
belum stabil. Kalo kata trainernya, aku masih agak kasar ambil gas or rem nya.
Stir juga masih suka miring2. En, terakhir masalah kopling yang masih sering
telat. Kasian dia mesti kena marah bu guru terus. Taukan2, iya yang kayak gitu.
Nyetir mobil
tuh, kata yang nglatih pandangan tetep kudu fokus ke depan. Nah, aku pandangan
aja ke depan, tapi rasanya kok sulit banget waktu disuruh buat nyeimbangin gas
ama rem. Ntar waktu fokus dikopling, eh mata meleng kurang perhatiin jalan.
Kiri kanan ada kendaraan lain apa nggak. Aku jadi mikir “apa yang kayak gini
namanya multitasking ya??”. Jadi mata tetep ke depan, posisi tangan ngikutin
jalan, tangan kiri siap sedia buat mindahin kopling, plus kaki kiri. Kaki kanan
siap2 injek rem ato gas. Nah, yang begituan udah bisa, eh koordinasinya kagak
bener, mana kopling sering telat jadinya.
Waduh....
Tapi aku gak
akan menyerah, yang aku selalu inget bahwa di setiap akhir perjuangan pasti ada
keberhasilan yang manis. Cailaaaaa.....
Kembali ke
multitasking, ngerjain beberapa hal dalam waktu yang bersamaan. Emang top nih
Tuhan kasih otak. Pada dasarnya nih otak manusia bukan diprogram buat kerja
paralel
(musltitasking) Kecuali buat kerjaan yang menggunakan indra yang berbeda, contoh: makan sambil nonton sponge bob. Ngopi sambil baca koran ato ndengerin radio. Ibu2 masak sambil nonton gossip. Ato yang simple2 kayak gitu.
(musltitasking) Kecuali buat kerjaan yang menggunakan indra yang berbeda, contoh: makan sambil nonton sponge bob. Ngopi sambil baca koran ato ndengerin radio. Ibu2 masak sambil nonton gossip. Ato yang simple2 kayak gitu.
Tapi kalo
kerjaan yang beneran, contoh: ngrancang reaktor nuklir sambil twitteran, ato
dosen ngajar sambil nelpon anaknya nanyain gimana sekolahnya (kayaknya akrab
sama situasi kayak gini), bikin skrpsi sambil nelponin someone di somewhere,
itu nggak bener.
Yang ada
malah tuh kerjaan dua2 nya ato lebih pada gak slese, kalopun bisa rampung
hasilnye gak maksimal, karena adanya fokus yang terbagi-bagi. Udah kerjaan gak
maksimal, otak jadi cepet panas en gampang stress.
Emang si,
multitasking bisa bikin kerjaan cepet rampung en efisien, tapi konsentrasi
bakal pecah en walopun kita ngerjain multitasking, tetep nantinya ada salah
satu kerjaan yang dikorbanin.
Yoi,
multitasking emang kadang perlu, saking numpuk en banyak nya kerjaan yang ada
tapi waktu Cuma dua puluh empat jam. Gimana dong??
Intinya
apaan ni?? Gini deh, sesuaiin aja ama kebutuhan diri masing2, kalo emang lagi
perlu multitasking, ya lakuin aja. Oh ya, prioritas juga penting tuh. Jadi
bikin aja daftar prioritas kerjaan, mana yang yang kudu rampung duluan, mana
yang bisa belakangan, en mana kerjaan yang bisa dilakuin multitasking. Eh, ada
yang bilang juga kalo orang2 yang kreatip tuh pinter ngerjain banyak hal dalam
waktu yang bersamaan. Ya aku si setuju2 aja, tapi yang jelas kite tetep
kudu nglakuin yang terbaik buat kerjaan yang kita lakuin. Fokus.
En tentang
nyetir mobil tuh beneran multitasking gak ya?? Aku pikir2 si bukan ya, yang
dibutuhin waktu nyetir tuh keseimbangan, koordinasi antara semua anggota badan
yang pegang kendali, yang kalo trainer aku bilang nyetir tuh pake perasaan,
jadi ketika mata melihat ada mobil di depan, terus dirasain deh apa ini saatnya
buat ngopling, ngerem ato ngegas. Supaya posisi mobil tetep stabil. #Tsah...
Kaya cinta aja pake perasaan, tau kapan saat yang tepat buat nembak ato kapan kudu ambil jarak.
Kaya cinta aja pake perasaan, tau kapan saat yang tepat buat nembak ato kapan kudu ambil jarak.
Nah, kalo
nyetir mobil sambil breakdance,itu baru multitasking ....
Itu ajah....
Regards
0 comments:
Post a Comment