Wednesday, March 20, 2013

Rurouni Kenshin: Samurai’s Way

“Teknik pedang Mitsurgi digunain buat melindungi orang2 yang lemah”,
itu kata Seijiro Hiko Swordmaster yang ngajarin teknik pedang tingkat tinggi ke Kenshin.
“Hidup tanpa cinta, bagai taman tak berbunga.....”
Itu kata Bang Haji, raja dangdut Indonesia yang punya anak namanya Ridho Roma.
Assalammualaikum..... Halo permirsah.......
Langsung cek TKP aja,
Kemarin aku barusan nonton Samurai X: live action, live artinya langsung, action artinya aksi. Jadi maksudnya: langsung (ber)aksi,

ya telat2 gitu. Baru sempet nyari tuh pilem sampe jauh banget sampe di warnet. Baru ketemu. Ceritanya:  Ya, lurus2 aja.  Orang baik, ketemu orang jahat, pertarungan, selesai. Tapi yang keren dari nih pilm ada di...., apa ya...., ummmhh....., apanya ya.... mungkin karena ini versi langsung beraksi, jadi kelihatan keren aja, gimana ngrubah yang tadinya format kartun jadi orang beneran yang main. Dari setting, teknik ngambil gambarnya, para pemainnya, macem2.  
Jadi gini, ada seorang samurai, sebut aja Kenshin yang “milih jalan” buat jadi pengembara.  Di masa lalunya, di Era Meiji, doi adalah seorang batousai / pembantai yang terkenal banget sampe masuk2 tipi, dikejar2 inpotenmen* ok, lupain empat kata terakhir.
Kenshin terus tobat, en janji gak akan ngebunuh lagi karena kematian istrinya (Tomoe). Tapi menurutku sih lebih ke pertentangan batin Kenshin antara prinsip samurai yang nge-gunain pedang buat nolong orang sama jalan hidup Kenshin di massa lalunya sebagai Hittokiri batousai. Kenshin pengen berubah dan melupakan masa lalunya sebagai pembantai.
Mending coba tonton dulu asal mula Kenshin.
Kalo yang di live actionnya kan die langsung muncul aja pas perang, terus doi “pensiun” karena udah ganti era jepang modern. Karena Jepang udah ganti jaman, samurai jadi (agak) terpinggirkan. Di situ di bilangin juga kalo warga sipil gak boleh bawa samurai.
Ada scene juga disitu pas Kanryu ngasih makan para samurai yang se olah2 jadi piaraannya die.
Nah akhirnya, Kenshin jadi pengembara, nyelametin Kouru penerus dojo Kamiyakashin , ketemu Yahiko, ketemu Sanosuke, Megumi yang ternyata seorang dokter yang ngebantuin Kanryu bikin obat bius. Ketemu Saito yang udah jadi polisi. Dan juga Jine, yang milih jadi anak buah Kanryu. En ngaku2 jadi batousai di awal pilm. Jine sama Saito adalah orang2 yang pernah jadi bagian masa lalu batousai.
Singkatnya ni pilm cerita tentang Kenshin yang ngalahin Kanryu, pengusaha obat bius yang punya pengaruh politik. Tapi alur ceritanya jadi agak kompleks, soalnya di sini yang bertarung adalah seorang samurai melawan pengusaha obat bius yang punya banyak anak buah yang juga pada jago, kalo pake bahasa yang agak kerenan jadinya “pertarungan kaum marjinal (yang terpinggirkan) melawan penguasa”. Wuiiihh... canggih, tinngggiii.....
Itu aja si, tentang pilm nya.
Nah, yang pengen aku critain ni tentang pencarian jati seorang samurai. Aku bakal ambil refferensi dari pilm samurai yang udah pernah aku tonton. Samurai X: movee en kartun  (termasuk yang OVA) sama the last Samurai (TLS). Cuma dua ya?? Yaudah gapapa. He...he...he....
Kalo garis besar cerita dua pilm itu, mirip2. Pertemuan Samurai (protagonis) sama modernity (antagonis). Aku mau bilang dulu kalo antagonis tu gak selalu peran jahat kayak yang di pilm tersanjung, yang orang tua musuhan sampe punya anak, nah si anak sampe punya anak lagi masii...hhh aja musuhan. Antagonis tu semua hal yang jadi penghalang dari goal/tujuan yang mau dicapai sama tokoh protagonis. Bisa jadi tujuannya sama, tapi pake cara yang berbeda. Bingung?? Sama.
Cita2 Kenshin is something big, yakni make pedang nya buat nyiptain dunia baru yang penuh kedamaian. Dimana orang2 hidup tanpa rasa takut.
Kayaknya gak asing deh sama tujuan2 yang kayak gini, he..he...
Waktu Kenshin pertama kali mau turun gunung doi sempet debat ama gurunya. Kalo doi kudu turun gunung buat ngebantu orang2 yang lemah buat nantinya nyiptain dunia baru. Buat apa punya teknik pedang yang hebat tapi gak digunain buat nolong yang lemah.
(Konten dewasa, yang belum dewasa jangan baca ya...)
Tapi mr. Seijuro gak setuju sama Kenshin, karena menurut mr. Seijiro kalo mau ngebantu orang tuh otomatis kudu berpihak pada salah satu sisi yang kita anggap benar, kalo kayak gitu otomatis Kenshin harus jadi pembunuh, buat musnahin tuh pihak yang dianggap gak bener. Jadinya malah bakal saling membunuh. Mr. Seijuro juga bilang kalo inti dari samurai adalah membunuh. #tsaahhhh....#ngeri....
Jadi mau kayak apa bentuknya, seseorang tetep harus membunuh buat melindungi orang lain, semakin banyak orang yang mau kita lindungi en selamatin, otomatis semakin banyak juga orang yang kudu dibunuh. Omongan mr. Seijiro bisa jadi debatable banget. Kalo matiin orang demi kebaikan gimana?? Demi prinsip en nilai2 yang diyakini gimana??
Buat nyiptain dunia baru (modern), ya kudu ngancurin dunia yang sebelumnya.
Nah masalahnya jadi komplek soalnya yang Kenshin hadepin tu sebuah masyarakat yang bukan main macemnya. Sebuah sistem (termasuk politik). Haduh aku jadi pusing sendiri mau nulisnya gimanaaa....... Gak mau terjebak dengan itu semua, Keshin milih masuk ke dalam masyarakat bersama dengan sahabat2nya, sambil berperang melawan musuh2nya.
Akhirnya Kenshin ambil dua peran (apa ini termasuk alter ego??),                           
di satu sisi Kenshin menjadi sosok yang family man, penyayang, suka masak, baik hati sama sahabat dan orang2 yang ingin dilindunginya, tapi di sisi lain doi masih bisa jadi  sosok batousai a.k.a. pembantai dengan pedang bermata terbalik yang mencegah doi buat ngebunuh lawan2 nya. Buat fulfilling janjinya yang gak akan ngebunuh lagi.
Lain halnya sama TLS, aku pertama kali denger istilah bushido: Sikap seorang samurai, tu dari TLS. Aku cari di internet ada delapan sikap:
Gi: Kejujuran
Yu: Keberanian
Jin: Kasih sayang
Rei: Saling menghormati
Makoto: Tulus
Meiyo: Menjaga kehormatan
Chugo: Setia
Tei: Rendah hati,
Kalo penjelasannya bisa panjang banget. Iya, yang kayak gitu.semua sikap itu patut dicontoh nih,
Di TLS, peperangan antara samurai nglawan modernity (barat) lebih kliatan, waktu perang terakhirnya secara terbuka dimenangin sama modernity, dengan terbunuhnya Katsumoto, pimpinan, bos Samurai. Dan pembunuhnya adalah modernity. Diwakilin ama pasukan tentara jepang yang nggunain senjata2 modern.  Di Pilm TLS para samurai malah dianggep kayak teroris yang bikin negara rusuh en ga aman negara Jepang.
Jadi ceritanya ada orang barat (Capt.Algren) yang disuruh nglatih pasukan Jepang pake senjata modern, tapi malah di culik sama kelompok samurai. Nah waktu diculik ini, Captain Algren justru liat sisi kehidupan yang beda dari para Samurai, kehidupannya yang masih punya  nilai kemanusiaan, religiousity, kesetiakawanan, rasa sosial, keramahan, sopan santun dan pengorbanan. Kayak sikap2 Bushido yang diatas deh. Dan akhirnya sang kapten malah balik mbantuin kelompok samurai buat ngalahin pasukan Jepang.
Modernity yang cenderung dengan barat, rasanya kurang pas sama nilai2 yang dipegang sama para samurai. Yang kalo di TLS para samurai akhirnya mengalah buat minggir dan bikin kehidupan sendiri. Dan (dicritain kalo) samurai pelan2 ilang dari Jepang, berganti era, yang bernama modernity.
Emang berat buat jadi jagoan kayak Kenshin, kenapa??? Rambutnya di cat merah gitu. Nggak gitu juga kali... #sketsa
Yang namanya modernity tuh emang perlu, tapi kitanya jangan sampe lupa ama identitas diri. Kudu bijak ngadepin yang beginian, en inget selalu pesan bang haji, begadang boleh saja, kalo ada perlunya.

Itu ajah...
Best Regard


0 comments:

Post a Comment