Thursday, March 14, 2013

motor roda 2: mobil roda 4

Assalammualaikum....

Kita kudu berani nyoba sesuatu yang baru. Kalo kita cuman ngerjain apa yang kita bisa, kapan kita bisanya buat ngerjain sesuatu yang kita nggak bisa?, keren gak... keren gak....
Dan kali ini aku nyoba buat latian stir mobil. Setelah aku ikutan nih kursus beberapa kali, ada pertanyaan: “kenapa orang nyiptain motor tu rodanya cuman duaya? Kan aku jadi susah buat seimbang. Kenapa gak langsung kasih roda empat....??
Latian stir mobil ini, usaha terakhir aku buat bisa naik kendaraan sendiri. Setelah percobaan2 latian sepeda motor yang malah berakhir kurang asyik.
Aku sebenere udah dua kali latian sepeda motor, yang pertama waktu aku kuliah di Unnes. Waktu itu aku latian pake Nouvo, otomatik. Pertama pegang udah Pede banget bakal bisa. Aku latian sama temen yang duduk dibelakang, bantu njagain kalo miring2. Emang nyatanya miring2. Kita latian di area kampus yang jalannya lebar2.
Nah, begitu aku nge-gas, dua detik kemudian tanpa firasat dan pertanda apa2 kita udah langsung  nyungsep di selokan kampus yang lebarnya sampe satu meteran, en motornye juga berhasil nyungsep se-utuh nye  ke selokan. Mana jalan kampus pas rame, banyak yang lagi jalan2 sore. Tapi untung juga karena pas rame, jadi yang ngangkatin tuh motor keluar dari selokan juga rame2 gak cuman kita berdua (Alhamdulillah, terima kasih yang udah bantu ngangkatin. I luv u).
Tapi hasilnye tuh motor agak penyok bagian depannye, tulang dada ku juga benturan langsung ama setang motor, kalo temenku yang mbonceng dibelakang masih baek, paling trauma aja gak mau ngajarin or boncengan lagi. Yang agak parah tuh tulang dada-ku, pas di-tengah2 kayak indikator power nya ultraman. Itu sakitnya seminggu gak ilang2, pegel. Saking khawatirnya sampe aku ke rumah sakit buat rontgent, tapi setelah di rontgent ternyata gak papa dan cuman dikasih obat aja.
Itu percobaan motor yang pertama, yang kedua lebih parah lagi. Dan korbannya adalah ibu-ku sendiri. Jadi ceritanya lagi libur nih kampus, trus inisiatif buat latian sepeda motor lagi. Kita latian di daerah kawasan candi, kan jalannya lebar2 juga disana. Kali ini pake motor biasa, semuanya berjalan lancar dan baik2 saja, langit biru, matahari cerah, angin sepoi2, awan ber-arak2 saling berkejaran bagai sepasang kekasih yang dimabuk asmara.... Apaan sih, sampe tiba2....
ada sapi di pinggir jalan lagi asik makan, aku kaget dan gak bisa nguasain gas, dan akhirnya motor nabrakin trotoar di deket sapi yang lagi makan. Duh, maapin anakmu ini bu, udah bikin ibu susah, en maapin aku juga ya sapi udah gangguin kamu makan. :b
Sebenere, aku masih brani buat latian motor. Tapi karena aku gak mau kalo sampe nantinya jatuh korban lagi baik dari kalangan manusia ato hewan, jadi aku mikir gimana kalo latian mobil aja.
Dan akhirnya dua hari kemarin, aku daftar latian stir mobil. Kali ini aku berdoa mudah2 orag yang ngelatih aku namanya pak Solekhan, bisa pulang dengan selamat setelah ngajarin aku. Amin, Ya Alloh.
Pelajaran pertama, udah langsung suruh pegang mobil, en dikasih tau caranya satu persatu en langsung nyobain. Contoh dikasih tau kopling, langsung nyobain kopling. Pindah gigi, appah...?? Oke maksudnya perseneling. Langsung nyobain. Gimana caranya ritting ?? Nyalain lampu ritting nya. Caranya nabrakin orang supaya gak ketauan, Caranya atret. Macem2 dah. Yang nabrakin orang boongan. Hari pertama aku dah bisa bawa mobil, jalan lagi. Bisa muter2.
Hari kedua latian lagi, kali ini latiannya, aku jalan ke Kendal. Langsung ngrasain gimana rasanya macet, kudu pelan2, nglewatin pasar yang rame, tanjakan, turunan, ngisi bensin, sama parkir,
Dan alhamdulillah pak Solekhan masih bisa pulang dengan selamat dan bisa ketemu sama keluarganya. Besok hari terakhir aku latian stir mobil, mudah2 an lancar dan  pak Solekhan masih bisa pulang dengan selamat. Aamiiin....
Itu aja, tengkyuh udah mampir.....

Best Regards


0 comments:

Post a Comment