Monday, March 18, 2013

Oksigen



Hari ini listrik di kantor mati, dan semua jadi kayak mati beneran, karena semua staff yang ada di kantor sebenarnya adalah robot yang butuh supplay listrik dari generator utama yang ada di kantor, jadi mereka bakal nge-charge diri mereka selama lima menit buat kebutuhan energi selama dua jam. Semakin berat/ rumit tugas yang dikerjain bakal cepet abis tuh tenaganya. Kayak aku yang tiap setengah jam musti nge-charge tenaga. Kenapa??? Kerjaan mu berat?? Nggak. Cuma kemarin aku periksa ke dokter.

Aku                 : Dok, kenapa batere tenaga aku cepet abis ?? masa Cuma tahan setengah jam ?? kayaknya ada yang salah ni Dok...!!!
Dokter             : Sini2, general check up ya... Bayar tiga puluh juta sini...
Aku                 : Nih, Dok.. (Nyodorin uang tiga puluh juta)
Dokter             : Bentar2....

Nah ni dia, masalah nya.... Kamu beli batere nya merek China, udah gitu yang KW tiga lagi. Ya jelas lah bakal sering nge- drop.

Aku                 : Oo, gitu ya Dok, habis murah si Dok... Nah terus gimana nih??
Dokter             : Nih (nyodorin batre), kamu beli ini aja Merek ACB asli buatan Indonesia, ori. ...
Aku                 : Oke deh Dok aku beli yang batere ACB ajah.. sekalian pasangin ya Dok.
Ni cerita apaan siii, gak jelas banget. Dan...

Aku langsung ke bangun begitu batere ACB di pasang, ternyata listrik belum juga nyala. Iya aku sampe ketiduran nungguin listrik nyala, untung Cuma sepuluh menit. Tapi emang bener orang2 kamtor tu kayak beneran mati, karena semua staff yang ada di kantor sebenarnya adalah robot yang butuh supplay listrik dari generator utama yang ada di kantor, jadi mereka bakal nge-charge diri mereka selama lima menit.... ahhhh udah2.

Karena listrik mati aktifitas kantor jadi turun drastis, komputer yang biasanya selalu on buat main  game, mati. Tipi yang muterin acara2 gossip gak mutu ikutan mati. Ya orang kantor jadi gak ada kerjaan. Nah, aku sendiri yang biasanya sok sibuk, ketik2 juga kudu berhenti. Postingan ini aslinya pake tulisan tangan yang aku bikin pas mati listrik.

Orang2 teknis pun sama, mati.

Tingkat ketergantungan manusia sama listrik mang udah gila banget. Apa2 semua pake listrik.  Makan pake listrik, pake magic jar.
Minum, bikin kopi pake listrik, pake dispenser. Hape butuh listrik, penerangan, lampu butuh listrik. Kerja pabrikan, mesin butuh listrik. Kerja kantoran, komputer butuh listrik. Ngisi air buat mandi, pake pompa butuh listrik. Kamar biar adem gak sumpek udaranya, pake ase ato kipas angin butuh listrik. Mau nonton tipi, acara music pagi tetep aja butuh listrik.

Sampe2 ada satu spesies lagi di kantor yang juga kena imbas dari pemakaian listrik ini, bangsa aves, ikan.  Ternyata mereka juga butuh oksigen yang di pompa pake blower, kalo gak ada blower ikan2 bakal ke permukaan terus buat ambil oksigen.

Aku pernah waktu KKN di Wonosobo, kalo mau ke sana musti lewat jalan uler, masuk hutan yang kalo siang jam sebelasan tuh kabut udah pada turun. Kalo malem jam sembilan udah

sepiiiiii....banget, mati listrik. Oh... my. Yaudah, kita tinggal tidur. Soalnya emang udah gak bisa ngapa2in, kecuali update status fb sama mention twitter. Itu juga kalo pas dapet sinyal.

Aku pernah nonton di tipi kalo nantinya pas mendekati kiamat tuh, di bumi udah nggak ada yang namanya listrik. Otomatis arus informasi juga putus. Disusul sama arus transportasi yang putus. Kata orang2 yang di tipi tuh bilang kalo kondisi kayak gitu bakal memicu adanya Chaos di dunia. Dan akhirnya manusia kudu balik ke kondisi kayak pas hidup di jaman batu. Dan gak mudah lo.. buat orang2 yang biasa dengan modernity terus, kok tiba2 suruh hidup di goa2.

Lucu juga kalo mbayangin kita yang udah hidup di goa2 gitu tapi masih ada yang namanya alay.

Pernah aku tanyain ke temenku tentang masalah ketergantungan manusia sama listrik yang aje gile. En jawabnya adalah dengan mencoba mengurangi tingkat ketergantungan sama listrik. Bukannya menghentikan sama sekali, tapi coba dikurangin.Hemat listrik, jaga pasokan listrik. Kan ada tuh iklannya 17.00-22.00. Nah coba tuh diterapin, aku sendiri udah coba nerapin tapi kalo pas prime time ya tetep aja susah, abis acara tipinya bagus2. He..he.. he.....

Ngomongin tentang ketergantungan manusia sama listrik, aku jadi sadar kalo dengan menguasai pasokan listrik dunia bisa jadi salah satu alternatifku buat menguasai dunia.

Yang pasti keliatannya, listrik udah jadi semacam oksigen buat modernity, tanpa listrik modernity gak akan langsung mati si, tapi paling gak die bakal megap2 en mati pelan2.

Ohya, terakhir aku ada pertanyaan ni: Kalo pas mati listrik, para pegawai PLN kira2 lagi pada ngapain???

Itu adjah,

Best Regard

0 comments:

Post a Comment