Friday, March 15, 2013

Habis Jumatan



Assalammualaikum wa rohmatulloh wa barokatuh...

Barusan, aku denger orang kantor lagi pada ribut, kayaknya sih urusan logistik. Sampai ada yang bilang kalimat kayak gini:

“ Yah, percuma dong si anu (ni bukan anu-nya hitam putih ya...) sholat lima waktu kalo kelakuannya masih kayak gini”

Aku yang kebetulan lewat mau ke kamar mandi cuman bengong aja. Coba ngertiin kalimat yang baru ku denger tadi.

“What...!!!!, kok malah ada orang sholat yang percuma, sia2. Sholatnya salah??? Kayaknya ada yang gak bener nih. Kayaknya ada logika yang keliru nih, kenapa sholat jadi di bawa2.”

Kalo ada yang bilang kayak gitu kok bawaannya kurang sreg aja, itu kan yang salah orangnya, person, subjek pelaku.  Masih mending mau sholat, Daripada udah gak sholat, mana banyak maksiat (eits... ini bukan pembenaran lo...)

Memang mestinya orang yang sholat tu kelakuannya ya kudu bagus, kan ada ayat nya tuh kalo dengan sholat bakal nyegah perbuatan keji dan munkar. Tapi kalo terus kelakuannya belum bagus ya bukan berarti sholatnya yang gak bener, tapi orang yang nglakuin sholat yang belum bener. Bingung??. Sama.

Jadi gini logikanya,

Menurut aku, Orang tu sholat dulu baru kelakuannya baik, maksudnya dari sholat ke baik itu proses. Sholat dulu, sambil jalan bakal tau ilmunya sholat. Dengan semakin baiknya sholat yang dilakuin mestinya tuh orang juga bakal semakin baik kelauan dan perilakunya. Bukan sebaliknya, nunggu baik dulu kelakuan trus baru ngerjain sholat.

Kalo di luar sana ada orang baik yang gak sholat itu di luar kontek yang lagi diomongin ya.... V^.^

Tapi mereka pasti punya pegangan nilai yang sama kayak orang2 yang nglakuin sholat. Ni bukan masalah benar ato salah. Bingung...??? ya udah kalimat terakhir gak usah dibaca.

Sama juga perempuan yang pake hijab (baca: jilbab), mereka yang bilang belum pake hijab karena belum dapet hidayah ato belum bisa jaga sikap ato alesan apa aja lah, Itu juga keliru, bukan salah lo ya...

Kalo menurutku sih, coba tuh hijab coba pake dulu, nah entar hidayah, sikap akan pada nyesuain seiring dengan proses dan ilmu yang datang.

Sebenernya banyak sih yang model2 gitu, jadi harus kita lakuin dulu, baru deh kerasa manfaatnya. Contoh lain: Sedekah. Haji, dan lain sebagenya.

Tapi kadang yang namanya manusia tempat salah dan dosa, Cailaaa...

Udah pada sholat, udah pake hijab, eh kelakuan masih belum bisa dijaga. Apa ada yang salah...???

Aku jadi inget ada orang sholeh yang bilang “Berbuatlah sesukamu kalo kamu gak punya malu”
Apa maksudnye nie???

Kalo aku sih mikirnya di sini ada yang namanya free will ato bahasa Indonesianya Kehendak Bebas, jadi manusia mau gimana2 juga terserah die. Udah sholat, udah nglakuin perintah agama tapi masih aja kelakuan belum terjaga dan masih aja, ada yang korupsi padahal haji berkali-kali.

Endingnya ya rasa malu itu, manusia mau baiknya kayak apa tetep aja punya potensi buat berbuat yang jelek2, kecuali orang yang terjaga.

Jadi intinya apaan nie..???

Kira2 kaya gini: Yang namanya manusia pasti ada klirunya, tapi ya jangan terus diem aja en terus2an kliru. Kudu belajar. Cari ilmu. En kudu punya rasa malu, baik malu sama sesama manusia, lebih2 sama yang nyiptain manusia.

Ayo pada belajar lagi, yang nulis ini juga masih perlu banyak belajar lagi. Itu adjah....

Tengkyuh....

Best Regards,




0 comments:

Post a Comment