Thursday, March 7, 2013

pernah nulis se-kena-rio...


 Assalammualaikum....
Waalaikum salam..., Gimana nih??? Apanya??? Udah sikat gigi belom??? Apaan si, absud..
Akhir2 ini aku lagi ketagihan baca2 materi broadcasting, terutama tentang nulis sekenario, dulu sih mang pernah gabung di tim scenario writing. Rencana si buat sinetron romadhon gitu, waktu itu Romadhon jatuh sekitar bulan Agustus, nah tim aku yang dikomando ama ustad anif sirsaeba (kalo readers tau Habiburrohman El Shirazi yang bikin ayat2 cinta, nah ini adiknya) mulai dibentuk udah dari Desember tahun sebelumnya.
Persiapan bener2 mulai dari nol. Dari ngumpulin anggota tim, pengetahuan dasar pembuatan film/ sinetron,  penokohan, karakter, semua muanya deh yang ada hubungannya ama tipi production. Aslinya tim terdiri dari dua kelompok, kelompok putri ma kelompok putra. Hampir tiap dua hari sekali kita kumpul. Menurut aku sih itu udah intens banget, tapi kayak nya aku salah deh.
Pertemuan awal tim dibrefing pengetahuan dasar pilm, termasuk format, bentuk, cara nulis sekenario. En minggu2 selanjutnya tim diminta mulai buat cerita, Oh ya kita juga diminta buat nontonin model2 sinetron Ramadhan. Waktu itu Tim nonton Para Pencari Tuhan. Tim, pertama diminta buat setor sinopsis, terus dibahas waktu ketemuan.  Nah di sini mulai ada kesulitan, namanya tim baru pertama nulis proyek skenario..
Anggota tim sebenernya diambilin dari Forum Lingkar Pena Semarang, jadi untuk kemampuan nulis ya udah bisa jalan. Cuma kalo di pilm ato sinetron kan beda ama nulis2 cerpen ato novel, kekuatan utama pilm ato sinetron ada di dialog2 nya. Nah disini tantangan pertamanya, gimana bisa bikin dialog yang punya power, apalagi ini proyek sinetron Ramadhan. Kalo kata ustad anif dialog2 nya kudu berisi, jadi isinya komplit. Bisa ada pesen2nya tapi juga gak mbosenin, ditambah ada unsur2 filosofinya juga. Trus buat karakter dan penokohan juga, ini mang luar bisa banget perjuangannya. Sekitar sebulan tim baru bisa dapet karakter, itu juga lewat baca buku2 skenario, re-write skenario2 dari pilm2 yang sudah ada en dipelajari terus gimana penokohan yang bagus.
Jujur aku agak kewalahan waktu di minta nulis marathon, jadi umpama pagi kita ketemuan, dibahas,  sampe siang ato sore. Nah malemnya langsung ngerjain revisi sampe jam tiga pagi baru selesai. Tidur. Pagi ato siang hari berikutnya gitu lagi. Karena sebagian besar anggota tim masih jadi mahasiswa aktif dan ada yang rumahnya jauuuhh ,mulai deh pada rontok ini tim. Diawal tim ada sekitar lima belas orang, tapi rontok. Mulai dari tim putri yang rontok sampe akhirnya tim putri kena eliminasi, nah aku yang di tim putra (kaya tim volli aje ni...) juga ada yang rontok, sampe akhirnya tinggal empat orang yang intens kumpul, termasuk aku.  Waktu berempat ini  kita udah jalan sampe bulan Februari. Cerita udah dapet, sinopsis acc. Nah kita udah mulai nulis skenario. Dan revisi2 draft.
Tim hampir tiap hari ketemuan, ustadz Anif juga makin intens ngasih pengarahan. Tim ktemuan, pembahasan draft, revisi draft, re-write draft. Tim ktemuan, pembahasan draft, revisi draft, re-write draft. Tim ktemuan, pembahasan draft, revisi draft, re-write draft. Kadang pembahasan gak kelar sehari. Kadang draft revisi gak kelar sehari.
Dari semua itu kita udah dapet fix karakter, sinopsis en empat draft episode. Tapi setelah jalan beberapa kali pembahasan lanjutannya bagaimana, siap gak buat dikirim ke P.H. ??
Mulai ada keraguan, bukan keraguan external kayak P.H mana yang bakal kita tuju??, sutradara produser nya kayak apa??, artis yang cocok dan bakal main siapa??, tapi lebih ke internal. Ramadhan  Bulan Agustus, nah waktu itu udah jalan bulan Maret. Kira2 tim ini bakal kuat gak ngejar deadline dua puluh enam episode lainnya, kita ngerencanain Cuma tiga puluh episode, kalo udah jalan sih biasanya terus bakal diminta buat ngelanjutin nulis sampe kira2 ratingnya udah gak oke, ato terserah ma tipinya.
Nah keputusannya, akhirnya ditunda dulu deh. Jadinya tuh script ya disimpen dulu.
Gak papa. Mulai dari pertama bikin tim sampe terakhir proses nulis skenario aku dah dapet ilmu yang banyak banget tentang tipi industry.
Nah aku sekarang mulai lagi nih baca2, bikin2 en belajar tentang pilm, khususnya bikin skenario. Siapa tau ada producer yang khilaf. Nah ini saran aja buat yang mau bikin proyek skenario, kudu ada time schedule yang jelas. Ni proyek bakal tayang kapan, proses produksinya berapa lama.
Itu aja....


Best regards.  


0 comments:

Post a Comment