Thursday, May 24, 2012

NgomonGin IDE yuk,,,


pos ini sebenernye masih ada hubungannya dengan post2 tentang tipi, lets chek...!!!

Topik ini mungkin udah banyak ada, coba deh Googling aja ketik Tips Cari ide, pasti banyak banget entry yang masuk, tapi aku juga pengen sekadar nambahin aja sesuatu yang udah banyak itu, ibaratnya nabur garem di laut, kata orang sia-sia aja. Tapi nggak buat aku, soalnya ga ada yang sia-sia di dunia ini, masukin materi dakwah dikit. Jadi ntar kalo ada yang nanya kenapa air laut itu asin ???, aku akan jawab karena aku dah pernah nabur garam ke laut, emang kenyataan aku dah pernah nabur garem ke laut, mau ngapain???

Tapi ide yang diomongin disini tetep kaitannya sama Industri Pertipian. 

OK, Back to Ide ato bahasa inggrsnya Idea (Apa...!!!!Lagi..????). Mencari Ide adalah hal yang paling menyenangkan sekaligus membingungkan untuk bikin berbagai macam konsep acara. Banyak orang ngomong, kalo ngga ada sesuatu yang baru di muka bumi. Banyak penulis yang ngerasa buntu (termasuk aku juga he..he..) dalam berpikir kreatif dengan alasan kehabisan ide. Mereka coba nyari sesuatu yang baru, nyari ide tontonan yang menyegarkan. Tetapi banyak juga yang ngambil jalan pintas : njiplak tontonan yang sudah ada (aku Bold soalnya Super Penting Nih), jangan ditiru!!. Banyak sekali penulis ngrasa kekuarangan ide (termasuk aku juga, masih). Pengen sesuatu yang baru, tapi lama banget ga’ dapat ide-ide yang segar.

Lalu gimana nyari ide yang segar?

Sesuatu yang inovatif lebih mudah ditemukan dan lebih bisa diterima di masyarakat. Makna inovatif di bidang pembuatan program tipi dapat diartikan menjadi sesuatu yang nakal, nyeleneh, terobosan, mengagetkan dan menyegarkan.
Pertanyaan sederhananya, bagaimana cara mendapatkan ide menarik? Penulis mempunyai beberapa trik yang mudah dijalankan, antara lain :

Melakukan pengamatan terhadap kata-kata : Kalo mau buat ide yang pertama kali muncul di kepala adalah judul ide itu sendiri. Judul mewakili brand (merk), makin sederhana, makin mudah diingat, makin mudah dijabarkan. Penggunaaan kata-kata yang tepat, akan memudahkan ide kita diingat masyarakat. Beberapa contoh acara yang menggunakan kata-kata yang menarik adalah : FTV (Film Tipi, jadinya FTP dong..), Rahasia Ilahi (judul sinetron religi yang pernah ditayangin TPI), Pimp my Ride (acara renovasi mobil ala MTV), Wisata Kuliner (Acara nyicipin berbagai makanan khas daerah, TransTV), Bedah Rumah, Bedah Warung, Bedah apalagi ya? (RCTI).

Menggabungkan 2 kata atau lebih sehingga menghasilkan makna baru. Sebenarnya ini rumus utak-atik terhadap ide beberapa kata-kata unik. Waktu digabungin eh, nemu makna yang baru sekaligus menarik. Igsempel : Gong Show (tayangan atraksi TransTV), Jejak Petualang (Trans7), Uang Kaget (RCTI). Ide adalah karakter : Banyak yang menemukan judul-judul naskah berdasarkan nama karakter yang diciptakan. Antara lain Donald Duck, Micky Mouse, Mr. Bean, Cosby Show, Bajaj Bajuri, Catatan si Boy, Si Doel Anak Betawi.

Ide adalah nama tempat : Nama-nama tempat, entah khayalan atau tempat yang emang nyata adanya dijadiin judul- judul yang menarik. Contoh : Lazy Town (CBS TV), Berverly Hills 90210 (RCTI). Mencari inspirasi dari Internet, buku, kepustakaan dan tipi juga ampuh banget!!

Media adalah sumber inspirasi dan ide yang sangat ngebantu kita ndapatin berbagai macam ide. Merubah cara pandang : Cara nglatihnya sederhana, kalo kita nemu sebuah situasi atau sesuatu hal yang menarik dalam jangkauan pandangan tertentu, coba deh buat ngrubah, artinya bukan menjadi seekor rubah. Aku ulangin ngrubah cara melihatnya. Dengan ngrubah posisi, jarak, waktu dan sudut penglihatan, akan menghasilkan berbagai macam visualisasi yang beda-beda. Visualisasi yang beda-beda ini akan menghasilkan ide yang bermacam-macam pula. 

Contoh sederhana : Sebuah pasar yang rame di siang hari, akan sangat beda situasinya di malam hari; Seorang tukang becak yang ngonthel becak di jalan raya dan seorang tukang becak lainnya yang terjebak banjir.

Membuat Inovasi pada Ide yang biasa-biasa saja.Jangan pernah menyepelekan sebuah ide! Soalnya, sebuah ide yang biasa-biasa saja, akan menjadi luar biasa kalo kita bisa memodifikasi (kayak kendaraan aja) beberapa elemen pembantu ketika ide tersebut dieksekusi. Mau tau, apa aja elemen pembantu??, kasih tau gak ya....

tungguin next chapter.Insya Alloh...

 Kuhiyose No Jutsu..... Huphhhh!!!!! #menghilang

0 comments:

Post a Comment