Monday, June 17, 2013

Scnd trip



Assalammualaikum.....

Pertama buka blog langsung kaget ndiri, apa yang telah aku lakuin slama ini..???? liat postingan bulan Mei kok Cuma tiga tulisan ajah.. Oooh tiii....da....kkkkkkk!!!!!

Stop. Gak usah over gitu deh, emang postingan terakhir tertanggal 17 Mei, nah tanggal 18 nya secara resmi komputer masuk bengkel. En baru kemarin tanggal 31 komputer baru kembali ke tangan. Kata mas nya bengkel musti flshing BIOS jadi agak lama.

Nah ini ngapain tengah bulan baru bikin postingan baru..???? He..he.. he... biasalah, godaan buat nglakuin hal lain terkadang bisa sangat melenakan (tsaa..hhhh). Mulai dari nonton Tipi, dengerin radio, beli buku baru, baca buku baru, nonton pilm di laptop, nonton CSI, Pawn star, Ancient Alien, etsetera. Hwaheuhahahemmmmmm..... Tapi aku janji gak bakal begitu lagi daah, gara2 net book masuk bengkel jadi keterusan gak nulis2.

Ok, tinggalin komputer, dan hal2 yang melenakan. kita bahas yang lain..
Kali ini aku mau crita dikit tentang second trip 2 JKT. Yak !!!!, ini kali ke dua aku ke jekardah (kasian bgt nih anak baru dua kali ke JKT) buat urusan ujian seleksi. Yang terakhir kemarin waktu ujian Kemenlu: ujian ala Konoha. Baca disini.

Trip to JKT kali ini, aku ikutan ujian bwt jadi presenter (tsaaah...hhhhh,keren abis!!!) di RRI pusat, JKT. RRI -> Radio Remaja Indonesia. Aku di JKT si Cuma sehari aja. Jadi beli tiket berangkat sekalian tiket balik. Dari Semarang jam 9 P.M, sampr JKT jam 6 A.M. Jam 8 P.M udah musti standby lagi di kereta Senja Semarang. Beda ama ujian Kemenlu yang sampe tiga hari.

Critanya nih sampe JKT aku langsung ke rumah adek di daerah Cempaka Putih. Bersih2, makan, langsung berangkat lagi ke daerah radio dalam tempat pengarahan en regitrasi ulang.

Berangkat ke radio dalam (emang ada radio luar??!, please tell me..). Waktu perjalanan ke sana, sempet “wah” juga sama tatakota Jakarta. Dianara flyover2 raksasa dan gedung2 bertingkatnya masih ada ruang hijau yang lumayan. Yang kalo di Semarang aja belum sampe kayak gitu. En satu lagi yang aku liat, bus Transjakakarta yang beroperasi di daerah Blok M. Jadi ada kayak dua bis gitu yang disambung jadi satu. Waktu liat tuh Transjak aku jadi inget si ulil, karakter ulet temennya si Komo.

Sempet tanya2 juga buat ke lokasinya, setelah 3 tahun 4 bulan 25 hari akhirnya aku sampe ke radio dalem
, lokasi buat pengarahan RRI.Aku langsung ke bagian registrasi buat ngisi daftar hadir, dapet snack langsung masuk ke ruangan.

Begitu masuk, cari tempat duduk. Ternyata udah lumayan rame disitu. Waktu masuk ke ruangan jadi berasa kayak mahasiswa yang lagi ikutan seminar kesehatan reproduksi (hah..?? ngapain musti reproduksi??)).

Ruangannya seukuran 10 x 10 mtr, make 8 AC dinding en 2 AC duduk. Ditambah 2 speaker besar, 2 proyektor, en panggung sekitar 6 meteran yang terletak ditengah2.

En kalo diperhatiin, temen2 yang pada ikut pengarahan hari ini banyak yang make kacamata. Kalo di pikir2 mereka jadi keliatan kayak orang pinter, termasuk aku.... hue..hue...

Liat yang pada ngumpul udah pada kayak bapak2 en ibu2, udah pada senior. Jadual acara yang mestinya jan 10, baru mulai jam 11an. Dasar udah sifat kali pada jam karet semua,aah kalian ini.... ah sudahlah.

Waktu udah masuk sesi pertama aku sempet ditanyain sama peserta lain, gini:
Peserta lain        : Mas ambil apa..???
Aku                        : Ambil presenter..
Peserta lain        : Ooh jadi penyiar ya mas?? Pernah siaran.???
Aku                        : Eemm.. mmh nggak kok mas, Cuma suka aja dengerin radio, kayaknya asik kalo bisa jadi penyiar..
Peserta lain        : Haahh..!! What?? Why, so simple

Kamu jauh2 sampe radio dalam, kereta bolak balik, ijin kantor, Cuma buat alasan “kayaknya asyik kalo bisa jadi penyiar..???”. Yoi, aku tipe orang yang gak butuh alasan (kuat) buat nyobain sesuatu yang baru, yang menantang,yang aku suka.

Sesi pertama selese.

Dan ternyata di sesi terakhir, iya acaranya cuma dua sesi, pertanyaan itu ditanyain lagi. Tapi kali ini yang nanyain mr. Ahmad Anhar (sori, kalo ada salah nulis nama ya pak..). Boleh cek di mbah gugel, doi adalah direktur utama keuangan RRI Pusat. Terus doi nanyain ke semua peserta, en pesertanya pada jawabin tuh pertanyaan pake jawaban yang super duper keren. Gini:

“Ente milih apa?? Ngapain daftar2 ke RRI..??”, tanya doi.
“saya milih akuntansi pak, multimedia, saya presenter pak”.
“alesannya karena ingin mengabdi pada bangsa dan negara (wuuiii..hhhhh), ingin jadi PNS pak”, sampe ada jawaban yang kayak kita lagi nyetir pas ujan deres banget, tambah ada kabut, eh wiper macet en lampu kabutnya konslet. Gak jelas. “alesannya karena saya ingin dapet pencerahan. Saya liat dengan kerja di RRI akan lebih cerah...”

What, lu kira ni kerja di PLN?? Banyak lampu??cerah, gitu..?? emang liat dari mananya..?? lolos seleksi aja belom, mau kerja apaan...??? ah, sudahlah..

Sampe akhirnya ketemu jawaban yang agak bikin mr. Anhar bisa napas panjang...

“Bagi saya ini adalah sebagai aktualisasi diri atas apa yang saya pelakjari  sampe saat ini “(wuii..ihhhh keren gak..?? keren gak..!!!)

Tapi emang dari semua pembicara yang dateng, cuman mr. Anhar yang bisa dibilang keren. Kalo pembicara yang lain ngomongnya lebih ke teknis. Lebih ke nerangin aturan2 yang ada, kudu ngapain, entar bakal gimana2, text book. Kira2 gitu lah.

Mr. Anhar ini kalo menurutku orangnya keras, tapi doi suka humor. Dari apa yang diomongin, kira2 bisa ditebak kalo dia sangat bangga atas pencapaian yang udah diraih saat ini. Doi udah slese S3 yang semuanya lulus Cumlaude ato indonesianya lulus dengan pujian. Sampe sekarang pun mr. Anhar masih aktif ngajar di PTN/ PTS di sekitaran Jabodetabek.

 Mr. Anhar ini juga tipe2 orang yang sok tau dan selalu berpikiran “apa sih yang gue gak tau”. Orang2 dengan tipe kayak gitu disisi lain juga merupakan orang yang suka tantangan en tipe pemelajar sampe mati.  Orang2 kayak gini biasanya keras kepala, dan gak bakal merubah pendapatnya sama sesuatu, kecuali dia tau kesalahannya dan dapat dibuktikan.

Mr. Anhar juga cerita kalo doi orangnya gampang. Waktu ngajar kalo ada mahasiswanya yang minta nilai A, dengan senang hati die bakal ngasih tuh nilai A. Tapi ada syaratnya, yaitu kudu paham sama materi yang doi kasih. Mau jarang berangkat kuliah die, ato malah keseringan dateng yang pentingkudu bisa bertanggung jawab atas nilai yang udah diminta.

Intinya, kayak di pilm spiderman. “Great power comes with great responsibility”. Gampang kalo Cuma urusan nilai A, yang berat tuh tanggung jawab sama nilai A yang udah di dapet. Sama juga kayak kerjaan, masalah gaji gampang, yang berat tuh pertanggung jawaban kita atas kerjaan yang udah dipasrahin ke kita #tsaaaa..aahhhh

Apa yang dibilangin sama mr. Anhar tu sebetulnya udah disebutin di dalam piramida maslow. Intinya doi bilang kalo kita kerja jangan ngarepin hal2 material,tapi yang musti dipikirin yaitu kerja sebagai aktualisasi diri. Kalo kita balikin ke maslow’s piramide, aktualisasi diri merupakan tingkat paling atas dari piramida maslow, sedangkan hal2 material merupakan tingkat dasar/ paling bawah dari piramida maslow.

Permasalahannya, gimana bisa baru mulai kerja udah langsung berada di tingkat teratas dari tuh piramida..??? Mau gimana juga, tetep kudu mulai dari dasar dulu. Jadi....

Oke deh, aku salut banget sama orang2 kayak mr. Anhar, orang2  yang punya karakter kuat. Tapi kalo dengan gaji segitu, aku masih kudu kos di JKT, belum akomodasi selama tes seleksi sampe ntar magang. Kudu bolak balik SMG – JKT, lagi pula masih ada orang tua di SMG. Aku pikir2 kayaknya nggak dulu.

Waktu aku pertama daftar, emang udah ngarep banget buat bisa ditempatin di Semarang.Soalnya di SMG pun ada tuh kantor RRI di daerah Majapahit. Apalagi kantor di ibukota,jadi ya lumayan gede lah. Tapi dari pengarahan kemarin ternyata emang cuma buat penempatan Jakarta. Ya, sudahlah.. next time.

Itu adjah.....



0 comments:

Post a Comment