Tuesday, November 26, 2013

Minder tapi Pinter

Minder tapi pinter, ini sama aja kayak pinter tapi minder. What? Oke, jadi begini minder menurut KBBI (On line) yaitu rendah diri, sedangkan pinter/ pintar berarti: 1 pandai; cakap: 2 cerdik; banyak akal: 3 mahir (melakukan atau mengerjakan sesuatu): Nah, gimana kalo minder tapi pinter?? Sebelumnya nih, kita bahas dulu apa sih minder itu? Kalo definisi kan udah dibahas barusan pake KBBI (on line), Yang jadi masalah selanjutnya yaitu kenapa seseorang bisa jadi minder.?. Kalo ini aku ambil dari http://www.hipnoterapi.asia/percaya_diri.htm.

Penyebab minder bisa jadi ada beberapa yaitu: (1) pengaruh lingkungan (2) diremehkan dalam pergaulan (3) didikan orang tua yang terlalu ‘menekan’ (4) kurang kasih sayang (5) trauma masa lalu (6) merasa tidak sempurna (7) tingkat pendidikan yang rendah, kalo  aku rangkum jadi satu kata maka yang paling berpengaruh menjadikan seseorang menjadi minder adalah lingkungan.

Gimana jadinya kalo ada seseorang yang pinter tapi minder? Kalo yang begini berarti ada something wrong dalam diri si orang pinter ini. Orang yang pinter berarti dia punya potensi, potensi apa? Ya tergantung dia sendiri pintar dalam bidang apa, mungkin menulis, menggambar, fisika, bahasa, atau mungkin pintar mempermainkan hati lawan jenis. Uupps..! yang terakhir bercanda. Nah  kenapa musti minder?

Paling mudah diamati kalo ada seseorang yang pinter tapi minder, bisa jadi dia punya masalah dengan lingkungannya atau bahasa kerennya salah gaul. Ada orang yang pinter matematika, juara satu di kelasnya, sebut saja Bunga. Akan tetapi gaulnya ama teman-teman komunitas gambar, ya tentu saja si Bunga bakal kikuk, grogi en nggak pede sama temen-temennya yang ngobrolin masalah estetika, nirmana, tata letak, dan laen sebagenya. Ini bukan berarti orang matematika gak boleh gaul sama orang gambar lho ya, mungkin aja pas mereka lagi gambar teknik yang pake itung-itungan sudut elevasi sama panjang garis orang matematika bisa bantuin. 

Ambil contoh lain, ni yang agak ekstrim. Ada seseorang yang gak suka ngrokok, sebut aja bunga (aduh.. kasian banget nih si Bunga) tapi gaulnya sama temen2 yang doyan banget sama rokok. –kadang suka dimasak rokok asem manis, rica2 rokok, rokok bumbu bali, dsb – Sehari bisa abis dua bungkus. Maka, tiap kali si Bunga ngumpul bareng temen2 nya yang suka rokok ni, doi bakal kliatan beda.  En parahnya, temen2 nya ini gak ada yang tau kalo si Bunga anaknya tuh pinter, juara kelas, pinter fisika, kimia, tapi temen2 nya gak ada yang meduliin itu semua.

Intinya jika seseorang minder, bisa berarti dia merasa berbeda dengan lingkungannya, yang terpenting adalah bagaimana kita menyesuaikan diri dengan lingkungan, bukan terbawa dengan arus lingkungannya #Tsaaahhh. Semua orang pasti mempunyai potensi dalam dirinya, setiap orang pasti pinter dalam suatu hal, tinggal dianya yang harus memupuk rasa percaya diri dan menunjukannya pada dunia. Kalo kamu ngrasa gak punya potensi mungkin kamu kudu lebih dalem nggali potensi dalam diri, kalo belum ketemu gali lagi, gali lagi sampe ketemu karena semua manusia diciptain dengan detail yang beda2. Minder tapi pinter, go ahead.
Best Regards...






0 comments:

Post a Comment