Wednesday, February 20, 2013

inget jaman sd

Kemarin pas pulang kantor, pas lagi nungguin my lovely dam(n)ri, ada segerombolan anak kecil yang lari2 an lewat depan aku. Mereka keliatan seneng banget gitu. Mereka lari2 sambil bawa banner. Hah?? Apa?? Bruce Banner?? Hulk?? iya, banner, banner iklan gitu. Yang mereka bawa kemarin banner iklan Es Krim Walls (Eh, aku punya pertanyaan nih, Es, Es apa yang bentuknya krim??? He..he...). Banner Es krim Walls ini masih anak2, masih kecil, mungkin Cuma ukuran 30 cm x 30 cm, dia terpisah dari anggota keluarganya yang lain. Waktu dia di iket renteng2 ma saudara2 lainnya, ada angin yang bertiup dengan kenceng.
(Suasana dramatis)
Long shot, Ext. Jalan besar ramai kendaraan – Day
Sfx: Angin kenceng
Si Banner Kecil (SBK)                       : Kak, jangan lepasin pegangannya ya kak...
Saudaranya Si Banner Kecil (SSBK) : Gak akan....Gak akan pernah aku lepasin....
                                                            Kamu... jangan kuatir...
Sfx: Suara angin makin kenceng
Cut to:
(close up) tangan SSBK megangin tangan SBK, tapi semakin lama semakin mau lepas
SBK (muka sedih, sambil nangis)                   : Kak......
SSBK  (makin kuat megangin tangan SBK)   : Kamu yang kuat, ini gak akan lama.....
(Tiba2 angin bertiup kenceng)
Sfx: Angin kenceng
Zoom in : pegangan tangan mereka lepas
Cut to :
Wajah tegang n khuatir SSBK
SSBK                                                  :TiDaa.......KKKkkkkkkkkk
Cut to :
Wajah khuatir SBK
SBK                                                    : Ka..KkaAaaAaaaakkkkk..................                                               
Fade out – Zoom Out SBK melayang-layang diterbangkan angin menjauh dari SSBK
Dan si banner kecil ini terlepas dan terpisah dari saudara2 nya, sampai akhirnya dia Cuma tergolek lemah di pinggir jalanan aspal yang keras, sekeras kehidupan ini, Oh mengapa???. Aseek.
Sampai akhirnya ada segerombolan anak kecil yang lagi jalan2 sante, menemukan Si banner kecil yang malang ini.
Mereka membawa SBK untuk bermain bersama-sama, tanpa ada yang membeda-bedakan. Anak2 itu tersenyum, SBK juga menyambut senyum anak2 kecil itu. Apaan Siiii..... mereka semua bahagia. Mereka jalan di depanku, SBK juga. Sekarang SBK sudah direnteng sendiri. Sendiri... sendiri.... sendiri.... (efek echo). Anak2 kecil itu menambahkan tali rafia di samping kanan dan kiri SBK, dan anak2 itu berebutan untuk bisa menggandeng SBK di kanan dan kirinya secara bergantian. Aku Cuma lihat dari jauh, dan ikut mendoakan yang terbaik buat SBK,
“mudah2an secepatnya bisa mendapatkan pasanganmu sehingga kamu gak sendiri menjalani hidup yang keras direnteng rafia itu, terus kamu bisa nikah sama dia dan punya anak yang kecil2, imut dan lucu, atau bahkan kamu bisa kembali berkumpul dengan keluarga besarmu”. He...he..he...
Oke cukup.Ya. Oke, kita awali dulu....
Assalammualaikumm... Reader......sssssss.......
Yak, dipostingan kali ini sebenernye aku mau cerita bout mainan2 jaman kita kecil, waktu kita, (oke, oke, aku. Puas??) kecil, semua yang ada disekitar kita, APA AJA, bisa jadi mainan. Waktu SD, liat kayu yang panjang bisa jadi mainan pedang2 an, liat pohon jambu yang gede banget, langsung balapan manjat en yang sampe puncak paling tinggi jadi kapten kapal, main bajak laut.
Terus aku yang jadi kapten langsung pura2 pegang teropong (pake 2 tangan, ditempelin ke mata) dan liat ke arah jauh en pura2 lagi liat kapal musuh, dan teriak sama temen2 lain yang di bawah
“Awas hati2 ada kapal musuh yang mendekat...!! Naikan layar.... tambah kecepatan.....”
“Siap Kapten...!!”, teriak temen dibawah, mau2 nye aje disuruh2..
Temenku yang berdiri deket cabang pohon jambu yang paling gede,  langsung pura2 naikin layar kapal.
Kalo aku pikir2 lagi, mungkin kalo orang yang gak tau kita lagi main bajak laut, bakal dikira gila nih anak.
Ato mungkin memang mainan lain yang sengaja kita ada2 in sendiri dari apa yang ada disekitar kita, kayak umpamanya liat ada pecahan eternit (makanan apakah ini???), kita sebutnya gacuk, eits, inget gacuk. G-A-C-U-K, gacuk. Bukan yang lain. terus kita bikin gambar kotak2, dari gambar kotak yang sederhana sampe yang susah. Main engklek. Eh, bahasa Indonesianya engklek apaan ya..???
Dulu, aku juga pernah main sama pake eternit juga (makanan apakah ini?? Ya sudahlah) yang ditumpuk2 sampe tinggi. Terus cara mainnya dibagi dua team, pake bola tenis yang warna ijo (kudu ijo ya??) digelindingin sampe kena tuh tumpukan eternit, terus kalo udah kena dan rubuh tuh tumpukan eternit, tim yang berhasil ngrubuhin tuh tumpukan eternit akan berusaha buat nyusun lagi sampe sempurna. Dan team yang lain bakal nyegah. Dengan ngelempar balik tuh bola tenis. Dan tim lain bakal ngehindar sama tetep berusaha dengan sekuat tenaga buat numpukin lagi. Bingung?? Ya, yang gitu maksudnya. Taukan2.
Kalo aku nyebutnya jinoboi. Mungkin di daerah2 lain juga ada mainan kayak gini, nyebutnya lain lagi, suka2 yang mainin aja.
Mainan kayak gini masih bertahan sampe aku SMP, Waktu berangkat sekolah, di jalan kita nemu ranting pohon, trus pulang sekolah langsung main ke rumah temen, kita main Benthik. Pake dua ranting pohon yang satu basar, satunya lagi agak kecilan, kayu yang kecil bakal di.... apa ya, nyebutnya???di pukul? Masak dipukul. Dicuthik ato.... ato ditamplek. Apa? Keplek?? Ya, gitu deh. Tau maksudnyakan?? Iya, iya bener yang kayak gitu. Main benthik ada beberapa level, dari yang gampang sampe super sulit. Level yang gak semua orang bisa mainin. Level dewa.
Terus waktu aku masih sangat bahagia, aku juga sempet main tong pet. Jangan nanya kenapa namanya tong pet. Apa ngumpetnya di dalem tong?? tong nya tuh sampe gelap banget, gak ada cahaya sama sekali. Sehingga keadaan menjadi gelap. Pet. Ngomong apaan si....
Ato aku punya teori lagi bahwa Tong adalah tempat jaga temen yang bertugas mencari dan pet adalah ketika temen yang lain berhasil megang tempat jaga itu sambil bilang pet. Bingung?? Iya, sama. Perasaan dulu bilangnya “jipung” kalo berhasil lolos dari temen yang lagi nyariin.
Ato ada satu lagi, kalo ini menurut aku adalah teori yang paling mutakhir bahwa tong dan pet adalah dua orang pertama yang mainin permainan ini. Karena tong pet Cuma bisa dimainin minimal dua orang, tapi makin banyak yang main bakal makin seru. Jadi waktu itu tong sama pet iseng main lari2 an, sampe tong yang akhirnya sembunyi buat ngehindar dari pet. Nah waktu nyadar lagi main kayak gitu si tong langsung berinisiatif, gimana kalo permainan ini kita kasih nama tong pet. Oh, ya permainan kayak gini udah dimainin dalam skala internasional #Tsaaaahhh, bahasa Inggrisnya adalah hide and seek. Gitu.
Teruuuss... pas pelajaran olah raga dulu, aku juga suka mainin betengan. Permainan ini, dimainin sama dua grup, makin banyak orangnya makin seru. Dua gruo ini masing2 punya beteng. Kalo aku main, bisanya pake pohon ato tiang bendera.
Tujuan utamanya ngrebut beteng lawan, dan lucunya yang mainin permainan ini kudu kuat2an alias tua2 an nyentuh beteng, lawan yang ketangkep bakal ditawan.
Ada satu hal yang menarik waktu main betengan, di sini butuh yang namanya S-T-R-A-T-E-G-I. Aseek. Jadi yang pernah main betengan ini bisa di bilang Cuma orang pinter, kaya aku, walau selama main selalu ketangkep en jadi tawanan. Iya, iya, semua yang readers pikirkan semuanya benar.
Oh, ya. Satu hal lagi. Readers kudu jago lari. Jadi butuh kecepatan, termasuk kecepatan berpikir. Kalo nggak readers bakal ketangkep en jadi tawanan. Kaya aku.
Oh, ya ada satu lagi, namanya hompimpa en pingsut (makanan apakah ini???), kita (iya,iya, aku deh). Aku ulangin. Oh, ya ada satu lagi, namanya hompimpa en pingsut (makanan apakah ini???), kita (iya,iya, aku deh). Serius. Kalo mau mulai semua permainan2 yang butuh nentuin siapa yang main duluan, kalo hompimpa orang yang mau ikut main lebih dari dua. Kalo pingsut, dilakuin Cuma dua orang buat nentuin siapa yang main duluan.
Aku ada teori nih tentang asal mula pingsut *inget2 asal mula tongpet......
Sebenernya APA AJA bisa jadi mainan waktu kecil, tinggal pinter2nya aja maininnya dan yang jelas butuh kreatifity. Kreatifity. Inget kreatifity.
Kayak pas dulu liat pelepah pisang #tSaaah.... Pelepah, kata dasar lepah artinya copot, awalan pe- mengacu pada subjek pelaku. Artinya orang yang melepas/ mencopot. Apaan Siiii, ngaco. Sok tau banget.
Oke aku ulangin, Ato liat pelepah pisang #tSaaah.... Pelepah, kata dasar lepah artinya copot, awalan pe- mengacu pada subjek pelaku. Artinya orang yang melepas/ mencopot. Apaan Siiii, ngaco. Sok tau banget.
Oke, oke serius aku ulangin lagi, beneran. Ato liat pelepah pisang, terus bagian atasnya dipotong sedikit, jadi pestol2 an, kaya senapan gitu deh. Terus rame2 main tembak2an di lapangan. Yang biasanya akan berakhir dengan keributan. Iya keributan kayak gini:
“Lho?? Kamu kan udah mati!!, tadi udah aku tembak”/ “Bukane kamu yang mestine udah mati, tadi waktu kamu nembak kan aku udah menghindar, aku udah salto ke belakang”/ “Iya, kamu mang udah salto ke belakang, tapi aku kan nembaknya dua kali”/ “Aahh... nggak, masak kamu nembak dua kali, aku gak denger”/”beneran aku nembak dua kali”/ “Cuma sekali”/”dua kali”/ “sekali”/”dua kali”/.....dst...
Dan keributan kayak gitu, baru berhenti ketika ada temen mereka yang lainnya.
“Eh, liat... Aku nemu bagus nih... Apa ini ya???ada tulisannya.... W-A-L-L-S
Dan mereka lupa soal nembak sekali ato dua kali..
Itu aja,


Best Regards


0 comments:

Post a Comment