Friday, January 11, 2013

Mereka Tahun Baru-an Juga???


Assalammualaikum wa rohmatulloh.....
Perayaan malem Tahun Baru di berbagai belahan dunia biasanya ditandai sama  liat kembang api, niup terompet ato nonton konser musik, Hayooo.. malem taun baru kemarin pada kemana...??? Ape??? Gak kemane-mane..??. Sama..
Mau ke Kota, jalanan pada macet. Mau ke Mall, mall nya tutup lebih awal. Mau tidur, masih kesorean. Mau main ke rumah temen, eehh, pada tahun baru-an. Pada ke kota, aku telpon katanya lagi pada kena macet, pasti tadi pada mampir ke mall dulu kayaknya. Lah diriku??Akhirnya aku bikin kopi, nyalain komputer, sambungin internet, terakhir siapin snack. Surgabangeeet..ttt.

            Kalo diluaran kayaknya orang2  pada turun ke jalan. Turun ke jalaann... ato lapangan luas untuk menyaksikan berbagai pertunjukan yang digelar di malam Tahun Baru. Kalo aku, sekitar jam setengah dua belasan udah stand by di atap rumah n dari kejauhan kembang api muncul satu2.
Walopun gak se-gede yang ada di pusat2 hiburan tapi ya cukup menghibur lah.
Tapi ternyata di malam tahun baru nggak hanya dirayain dengan masang kembang api ato niup terompet di kota2 di Indonesia aja lo..!!, even di luar negri, yang ada di bumi aja. Tapi juga dirayain di planet lain, baru tau kan.....!!!.Sama. Cuma mereka ngrayain dengan cara yang beda. Local Act-lah kita nyebutnya.
Yang bakal aku critain di sini adalah special report edisi tahun baru. Walopun juga udah lewat siii.. (La soalnya aku kudu....kudu...Ee...EE.. Ngumpulin... yaaa..hHh.. Baca aja deh...). Nih aku ada cerita tentang tradisi2 unik yang ada di planet2 lain dalam menyambut tahun yang baru.. Tapi pertama-tama aku mau ngucapin makasi dulu buat temen2 aku, koresponden dari planet2 lain di semesta ini. Makasi buat Jarden dari Planet Namek, Sal En dari Krypton, Zero dari planet Ultra dan terakhir Kugy dari Neptune (kalo yang ini pasti readers tau, dia pernah maen pilm di bumi, judul nya....). Mereka, di planetnya masing2 melakukan tradisi2 unik dalam menyambut tahun baru di planetnya masing2, atas dasar kepercayaan yang sudah diajarkan secara turun menurun. Tsaahh...(ya jelas lah kalo turun ya menurun.. Masak mau turun tapi menaik... Apaan sih ini. Gak penting. Biarin. Ehhh.. malah di lanjut2 in. Ya udah. Eehh udah2. Emang kenapa?? Ni anak yaa.. Kenapa Hayoo..??? BERRIIISIIIKKKK tauk. Terus..!!!) Oke deh readers tinggalin mereka kita lanjutin ceritanya. Eeh emang lo siapa..?? sok Cerdas aja. Eehh gue tu AQ.... Eh diem..Emang kamu sendiri siapa..??? Eeehh udah2 jangan pada berantem dong.. Anak kecil diem aja. Tapi..tapi ini kan giliran aku buat cerita.
Hhhghhhh..... (sigh..) Cekidot...
1.      Planet Namek

Kalian yang penggemar film Dragon Ball pasti dah akrab banget ama ni Planet. Planet Asal Dewa yang gak lain juga planet asal Pikollo, dan yang mengejutkan planet ini tu nyata, bener2 ada di alam semesta Appah!!!. Planet Namek tu ada..!!! Nyata!!! Are you kidding?? (zooomm in.. zoomm out.. zoom in.. zoom out).Iya, walopun gambarannya gak se-ekstrim yang di pilem Dragon Ball. Penduduk Planet Namek ini punya antena di kepala mereka yang berfungsi buat telepati. Tentang penduduk planet Namek kayak gimana entar deh, aku critain lagi. Yang lagi pengin aku critain tu tentang acara tahun baru di tempat mereka, di planet Namek.
Kata Jarden, temenku yang dari Namek itu, ternyata Dragon Ball alias bola naga tu ada 49  bola totalnya. Yang artinya ada 7 dewa naga di semesta ini. Tau kenapa di bumi ada Dragon Ball??? Itu karena ada Dewa n Pikollo di Bumi. Kalo temen2 ingat, waktu sehabis frezer ngancurin planet Namek, (itu Cuma sekenario akira toriyama aja, buat nambah unsur dramatis, sampe saat ini planet Namek masih baik2 aja) warga Namek dipindah ke bumi dengan kekuatan Shen long, dewa naga planet bumi. Dengan pindahnya warga planet Namek maka saat itu di bumi ada dua dewa naga. Kalo di bumi dewa naga disebut Shen Long, kalo di planet asalnya, Namek Dipanggil Porunga. Yang lainnya?? Tersebar di jagat raya ini.
Nah, kembali ngomongin tentang perayaan tahun baru di Namek, itu dirayain dengan ngumpulin bola naga, en manggil Porunga. Jadi mereka kumpul di tempat Tetua Namek, dan bareng2 manggil Porunga, buat ngajuin permohonan, dan yang diperbolehkan untuk mengajukan permohonan adalah Tetua yang dianggap paling bijaksana dan sekaligus pemimpin tertinggi bangsa Namekian.
Kalo ada yang nanya kenapa di dunia ini ada Dragon Ball dan baru bisa diaktifkan setelah satu tahun???
Aku kasih tau, tujuan adanya Dragon Ball sebenarnya adalah untuk mengabulkan permintaan dari orang yang paling bijaksana, dan alasan yang sama juga njelasin kenapa baru aktif minimal setahun sekali. Karena di planet asalnya Dragon Ball memang dibuat sebagai salah satu ritual pergantian tahun di planet Namek. FYI, satu tahun di planet Namek, sama dengan 130 hari di planet bumi. Itu juga yang jadi jawaban tentang adanya semacam tradisi make a wish di bumi tiap tahun baru harapan baru. Itu semua karena adanya influence dari orang2 di planet Namek, pengaruh dari adanya dragon ball readers....
 Atau pertanyaan yang familiar banget ketika tahun baru datang “Qil resolusi tahun baru kamu apa??” en aku cuma diam, bingung jawab apa. ”E..ee..eE... kayaknya di rumah aja.

2.      Krypton

Krypton, eh salah Crypton yang seperti readers ketahui merupakan planet asal dari Man of Steel alias Superman. Dan temen ku  Sal En juga berasal dari tempat yang sama. Dan lagi2 cerita di tipi2 yang bilang kalo planet Crypton itu dah musnah karena ketidak seimbangan inti material nya itu bohong belaka. Itu Cuma buat menambah unsur dramatis aja baik dipilm ato pun di serial tipinya, kayak smallville. Planet Crypton masih baik2 aja kok.
Planet Crypton terletak pada jarak  27,1 juta tahun cahaya dari bumi, tepatnya di selatan konstelasi Corvus (The Crow), Planet Crypton mengorbit pada bintang katai merah LHS 2520. Bintang ini lebih dingin dan lebih kecil dari matahari yang dikitari Bumi. Keadaan asli di Planet Crypton mirip2 sama keadaan di kutub lah kalo di bumi. La terus ngapain Clark Kent ke bumi kalo gitu?? Alasan sebenarnya adalah for fulfilling his fate (apaan sih, sotoy banget. Sok yess banget, Sok keren..). Lo iya, buat memenuhin takdirnya itu jawaban terbaik. Coba kalo doi gak ke bumi, Clark Kent ga bakal ketemu Louis Lane. Gak bakal punya Jason White. the son of Superman, ato gak bakal juga ketemu ama musuh bebuyutannya Lex Luthor en pastinya gak akan ada kisah Si Manusia Baja, Superman.
Oke..???
Ya, lanjut deh. Aku kan sebenernya mau ceritain tentang tradisi tahun baru di tempat asal si manusia super ini. Kalo kata Sal En, di Crypton juga ada tradisi bwt pergantian tahun. Kalo di Crypton, pergantian tahun ditandai dengan diadakannya semacam pertandingan sepak bola (kayak World Cup gitu...) tapi di udara (baca: terbang). Mirip2 kayak main Quidditch di pilem Harry Potter tapi tanpa sapu. Dan menggunakan bola khusus yang ukurannya juga hampir sama kaya bola sepak yang ada di bumi, tapi kata Sal En mang lebih berat aja bobotnya. Cara bermainnya juga mirip banget kayak main sepak bola, beregu dan tujuannya masukin bola ke semacam gawang yang terbuat dari semacam jaring berbentuk bulat. Untuk kostum, nggak seribet kayak Superman pake jubah lengkap, ada sayapnya berkibar-kibar terus main bola, tapi memakai kostum seperti pakaian atlet renang yang aero dinamis sehingga para pemainnya juga leluasa bergerak dan mengurangi gesekan dengan udara ketika lagi dalam kecepatan tinggi.
Nah pertandingan Finalnya diadain sehari sebelum pergantian tahun, en nantinya pas pergantian tahun adalah saat malam puncak peng-anugerah-an juara nya. Tsah....(repot bangget bacanya). FYI, si Sal En ini adalah salah satu pemain dari regu yang menang tahun ini. Hurrayy... Hurrayy....
Oke, itu kabar dari planetnya Bang Superman. Tahun baru berarti juara baru.

Itu dulu Bagian pertama laporan temen2 aku dari “dunia lain”, stay tune, pada postingan selanjutnya aku akan cerita tentangperayaan unik menyambut tahun baru di planetnya Ultraman sama planet asal Kugy si agent Nepytunus.
See.. Yaaa...

Best Regard

0 comments:

Post a Comment