Tuesday, January 29, 2013

Udan kethek??*

Assalammualaikum pemirsah.....

Yang dibelakang suaranya manaahhhh??? Sebelah kanaa....an??? Kalo yang kirriiiii...., ayo mana suaranyaaaaaahh...??? #krik...krik....krik...krik....

Okeh. Stop. Hope wish you all d best readers.

Jadi gini, hidup ini mang penuh sama hal2 yang kadang kita sendiri gak tau kenapa seperti itu adanya. Bingung??? Apalagi aku. Intinya banyak sesuatu yang kita (oke2 khususnya aku dah, #sigh) gak ngerti ama apa yang orang2 bilang, contohnya:
Sebuah elektron ditembakkan dengan laju 6,0 x 106 m/s dan sudut q  sebesar 450; E = 2,0 x 103 N/C (dengan arah ke atas), d = 2,5 cm, dan l = 10,0 cm.

a.       Apakah elektron akan menabrak pelat?
b.      Bila menabrak, di mana?

Atau,
Suatu sumber panas pada mesin Carnot bersuhu 127°C mempunyai efisiensi ideal 50%. Supaya efisiensi mesin menjadi 75%, berapa suhu sumber panasnya?

 Dan ini yang paling susaahhh....
Gak ngerti apa itu cinta....warnanya apa.....rasanya kaya apa..... #Tsaaaahh

Fik, yang fokus dong..../ Oke2 aku mulai, ulangin yaa....Jadi gini, hidup ini mang penuh sama hal2 yang kadang kita sendiri gak tau kenapa seperti itu adanya. Bingung??? Apalagi aku. Intinya banyak sesuatu yang kita. Kita??? (oke2 khususnya aku dah, #sigh) gak ngerti ama apa yang orang2 bilang.

Waktu kemaren brangkat kantor. Pagi2, begitu keluar dari dam(n)ri ujan turun, langsung deres. Aku udah persiapan dari rumah, bawa payung. Aku langsung berteduh (cieeee, berteduh). Berteduh, kata dasar teduh termasuk kata sifat artinya reda ( angin ribut, ombak); berhenti (hujan) terlindung atau tidak kena panas matahari; tidak turun hujan; tenang; aman, dapet imbuhan ber- jadi berteduh berubah fungsi jadi kata kerja artinya berlindung (supaya jangan kehujanan atau kepanasan); bernaung.

Aku langsung buka tuh payung, en baru jalan beberapa langkah. Cieee.. beberapa. Kata dasar apa dapat imbuhan beber-. Ehh.. udah berhenti, Oke deh berhenti. Akhirnya aku tetep nerusin jalan aja. Siapa tau kan  bakal ujan lagi. Jalan lah aku tetep pake payung walo gak ujan. Semenit, dua menit, tiga menit, kok gak turun ujan lagi. Yaaa, gimana ya. Kalo ada laki2, jaket item, topi item, ear phone, keren (ngarep), tapi jalan pake payung warna biru langit, motif bunga2, wah itu kalo yang awalnye dari nile 9 dari 10  langsung ngedrop ke – 1,5.

Bayang pun. Akhirnya aku copot tuh payung. Udah aku copot, kira2 baru jalan tujuh langkah eh ujan lagi. Pertamanya kecil aje, grimis. Tapi terus tau2 langsung deres. Oke aku cari pohon, bukan... aku bukan uler. Karena jam juga udah hampir jam delapan, aku buka lagi tuh payung, dan jalan lagi dan minus 1,5 lagi. Udah jalan sekitar tiga – empat menit eh terang lagi en kali ini malah ada sinar matahari muncul.
Aku langsung inget ibu kartini, habis gelap terbitlah terang.  *pengen pake kebaya

Ya sudah, karena matahari udah nongol aku yakin ni ujan udah bener2 berhenti, dan tatkala (ciee... tatkala, kata dasar.... sumpah aku gak ngerti) Cut, matahari muncul aku berharap ada pelangi yang muncul kemudian ada bidadari yang turun dari surga. NP: Coboy junior “Kau bidadari turun dari surga di hadapanku. Eeeeaaa..

Aku tutup tuh payung. Dan menyambut cerahnya mentari. Aku jalan sambil siul2, nyanyi2. Baru berselang (Cieee berselang, kata dasar selang artinya buat nyemprot aer. Ngawur) beberapa menit aku jalan dengan hati riang gembira, awan hitam datang dan segera berganti ujan sama angin. Aku langsung cari pohon lagi. Sumpah, aku bukan uler. Dibawah rindangnya daun2 pepohonan (Tsaah..) aku mikir bentar, masak nih payung harus aku buka lagi.. Tuh kantor udah keliatan di ujung jalan. Ujuuuuu....ng banget. Ya, kira2 masih ada lima puluh meteran lah.

Aku membulatkan tekad. Ya udah, final decission saya milih phone a friend aja. Ehhh.. bukan itu lain lagi. Aku terjang. Terobos ujan bercampur angin dan angin yang bercampur ujan ini. Gak pake payung. Tinggal lima puluh meter inih.

Dan satu hal yang aku lupa. Kalo lima puluh meter ini adalah bagian yang paling menantang, karena di situ ada pasar. Dan yang lebih nyeremin di pasar itu banyak ibu2 blanja. Aku terobos aja semua ujan dan angin yang menghadang. Sampe aku liat ada ibu2 yang  memandang, ngliatin empati sama aku, aku terus jalan. Ada tukang becak, tiduran. Lalu ada lagi ibu2 ngliatin dengan mata berbinar, taukan2 ???. Nah, kaya gitu.


Aku terus jalan. Ujan yang dateng gak aku perhatiin, udah, aku udah kecewa ama kamu yung (payung). Akhirnya aku sampe kantor, untung pake jaket, jadi baju gak basah2 amat. Aku langsung ke mesin absen, dan waktu nunjukin jam 08.17 WIB. En Si Boss udah dateng.

Perjalanan yang panjang, #nyanyi: Ebiet G. Ade
Udah agak sante, aku mikir lagi. Kenapa tadi ada ibu2 senyum ama aku yaa?? Atau jangan2....ah gak mungkin. Gak mungkin. Masak aku dikira kayak binatang peliharaannya. Uler.

Akhirnya setelah aku maen game dan minum teh anget. Emang elo di kantor ngapain.....????

Aku ada kesimpulan gini, Kalo ada seorang laki2 keren (masih ngarep) lari-larian saat ujan, terus ada yang liat. Kemungkinannya ada dua:

Pertama, kamu bakal keliatan keren banget (mbayangin Shah Rukh Khan pas nyanyi sambil ujan2 an. Ibu2 yang liat bakal ngomong dalem ati: Rambut basah, badan macho. Ganteng. Oke, cukup.

Atau kedua, kamu bakal keliatan culun dan bodo banget. Ibu2 itu bakal ngomong dalem ati: Ni anak ngapain lari2 pas ujan, bukannya cari pohon. Udah tau lagi musim penyakit malah ujan2 an. Itu dia bawa payung, malah ngga di pake.

Dan kayaknye aku masuk di yang kedua deh... #sigh.....

*udan kethek: hujan monyet (jawa; semarangan)

Ø  Eitsss... Belom selese, udan kethek masih misteri, masih ade kelanjutannya....

Stay tune.

Best Regards





0 comments:

Post a Comment