Wednesday, November 7, 2012

Anak SMP dan Anak SMA

Assalammualaikum Readers di mana pun kamu berada...

Akhirnya anak2 SMP/ SMA yang biasa aku temukan di bus dam(n)ri telah berhasil menggerakan jari2 ku memainkan tuts2 keyboard lagi. Aku min ta maap banget ma kalian.... Dimaapin ya....??? Ya..? Ya..? Nah gitu dong.... OK. Let’s Rock.....!!!!!!

Ini udah kali kesekian aku lagi ndengerin mp3 dengan damai dan tenang di dalam bus DAM(N)RI terus tiba2 datang serombongan anak SMP/ SMA perempuan. Pada detik itu AA. Gym sedang bercerita padaku tentang orang2 yang bertaubat, dan langsung pada pada saat itu juga aku segera tahu kalo pada detik berikutnya kedamaian dan ketenangan itu akan kiamat. Berganti dengan ocehan2 gak mutu.

 Anak SMP/SMA yang SUPER BRISIK ini range levelnya biasanya antara kelas 2 SMP sampai kelas 2 SMA. Kalo masih kelas 1 SMP, baru lulus SD juga masih malu2 ngadepin dunia anak SMP. Trus kalo kelas 3 SMA kan biasanya ada ujian nasional n ditambah bakal ujian masuk Perguruan tinggi, jadi mereka bakal lebih fokus belajar n frekuensi brisiknya juga bakal berkurang, secara psicis juga anak kelas 3 SMA udah mulai dewasa n lebih respect ma lingkungan mereka, n mereka juga mulai banyak masukan dari luar, pacar, temen, guru, dll. Jadi anak kelas 3SMA udah ga begitu brisik.

            Aku kadang tanya ama diriku sendiri apa anak SMP/ SMA tu HARUS kayak gitu??? Harus BRISIK..KK..?? Perasaan dulu aku juga pernah SMP/ SMA, tapi ya gak gitu2 juga. Waktu SMP/ SMA aku malah pusing banget mikirin jumlah kaki-kaki unsur buat pelajaran kimia n bangunan pabrik yang tinggal separuh bangunan dan tanahnya aja tu masuk aktiva tetap, aktiva bergerak, ato aktiva pasif buat pelajaran akuntansi. Aktiva aktiv ada nggak ya...???

            Kamu hapal sumpah pemuda ngga...??

Kamu masih inget, dasa dharma pramuka tu apa aja?? Nggak hapal..??? kalo gitu tri satya deh...??
            Kalo pembukaan undang2 dasar 45 tau...???
            Ok, penawaran terakhir, pancasila secara urut...??
Apa..??? masih nawar lagi..???!! Yaudah, very last chance, Syahadat Tauhid ma Syahadat Rosul, bunyinya gimana????

Oh ... My, kalo aku ganti nanya personel SNSD yang paling tinggi siapa?? Or coba nyanyiin lagu terbarunya  SHINEE..??? pasti pada rebutan pengin jawab. Bahkan gaya rambut aja bisa jadi sumber peperangan. Pernah aku akhirnya “dipaksa” mendengar ocehan mereka.

“Eh si **** (kayanya nyebut personel Suju) rambutnya masak jadi **** (istilah yang aku gak paham) di cat warna **** (aku lupa dia nyebut warna apa).Iiii...hh kiyut banget deh... (sambil gaya megangin pipi sok imut)”. Hhooeekk....

Yang lainnya nyahut, aah nggak. Kalo aku sih lebih ganteng sewaktu dia masih make model potongan yang lama. Lebih macho aja, cocok ma tangannya yang berotot.

Ahhh nggak, cakepan yang sekarang dong...

Cakepan yang dulu....
Yang sekarang titik.
Nggak, yang dulu.

Ok, fine aku dipaksa ndengerin cekcok yang mutunya sangat2 dibawah standard. Perang mulut itu baru berhenti ketika ada temen yang lainnya lagi ngomong, kalian dah tau belum kalo si **** (nyebut salah satu temennya) sekarang pake hape yang bentuk jam, bisa buat foto2, yang ditipi tu iklannya Afgan. Afgan kenapa bisa cakep banget ya.??? N kalo senyum, lesung pipitnya itu bikin.... (kata terakhir sengaja digantungin buat efek dramatis).

Dan perang mulut itu langsung selesai tanpa genjatan senjata. Berubah topik seakan tidak pernah terjadi apa2. Dan mereka tertawa bersama bahkan lebih keras.... Oh, my...... Kapan kiamat ini berakhir....????? Even, saat salah satu dari mereka turun, masih juga ribuuuu...Tttttt. malahan pake acara kiss by. Cium jauh terus dadah.. dadah..., apa emang setingan anak SMP/ SMA dari aslinya mang gitu??

Aku bukannya nggak setuju atau kalo ada anak SMP/ SMA yang duduk di sebelah ato di depan aku harus diem gak ngapa2 in, aku juga pernah baca UUD 45 pasal 28 tentang kebebasan berekspresi dan mengeluarkan pendapat.

Aku juga tahu yang kunaiki ini adalah bis kota, angkutan umum untuk rakyat kota semarang, yang di sana berkumpul orang2 untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya cukup dengan 3.500 rupiah untuk umum dan 2000 rupiah untuk pelajar, dari para pegawai negara dan swasta. Dari balita sampai kakek tua. Dari TeKa sampai mahasiswa. Hanya saja, kebebasan berekspresi itu sepantasnya tetap menghormati dan menghargai eksistensi orang lain, jangan tidak peduli.

Silakan kalo mau BRISSIIIKKK. Tapi tolonglah pelajari lagi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mengajari tentang kebebasan berekspresi dan toleransi, sehingga dapat mengerti bahwasannya kebebasan seseorang, di batasi oleh kebebasan orang lain.

MERDEKA.....!!!

Best Regards, seeyaaa....



0 comments:

Post a Comment